Home / Berita / Sinopsis Buku Berjudul “Hari dan Hara”

Sinopsis Buku Berjudul “Hari dan Hara”

Disampaikan sinopsis hari ini berjudul “Hari dan Hara” karya Subagio Sastrowardoyo.

Menulis sajak bagi penyair Subagio Sastrowardoyo berarti menemukan selalu segi-segi yang baru dalam pengalaman maupun dalam pengucapan. Kerja puisi baginya merupakan penjelajahan gerak kehidupan yang ditangkap batinnya dan mengungkapkannya dalam kemungkinan-kemungkinan berbahasa yang masih tersisa dalam sajak.

Dalam kumpulan puisinya yang pertama Simphoni, kemudian Daerah Perbatasan dan Keroncong Motinggo ia terus menggali dari dasar batinnya kilasan-kilasan penglihatan hidupnya yang menjelma dalam kata. Sajak-sajaknya yang paling berhasil adalah yang dengan serta merta timbul dari bawah sadarnya tanpa direncana, hanya didorong oleh keharusan berbicara sehingga kata-kata mengalir dan membentuk sendiri mengantarkan suatu “dunia” sajak.

“Dunia” itu milik pribadi Subagio yang khas tetapi umum juga, karena merupakan alam batin setiap insan pencari. Di situ dia dirundung oleh kesepian dan rindu, pedih dan keharuan dalam menemukan inti-inti pengalaman kemanusiaan yang harus diterima sebagai nasibnya.

Dengan demikian sajak-sajak Subagio diliputi oleh suasana religi, karena perenungan tentang nasib manusia selalu bersentuhan dengan hubungan antara insan dan Tuhan. Masalah ini menjadi tema pokok pada sajak Hari dan Hara yang dijadikan judul dua kumpulan sajak ini.

Bagi Subagio bersajak tidak lepas dari religiositas itu. Terjadinya sajak merupakan suatu keajaiban, karena terlahir dari keadaan jiwa yang hening seperti dalam semadi. Kedatangan ilham dan kelahiran sajak berulang-ulang mempesona Subagio seperti yang terungkap dalam sajak-sajak Malam Penganten, Paradise Regained, dan Di dalam Dada.

Sajak-sajak Subagio memaksa kita untuk merenungkan nasib kita sendiri dan menemukan maknanya. Buku Hari dan Hara ini pernah terbit di bawah judul Buku Harian.

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Check Also

Menteri Erick Thohir Gelar Sertijab di Kantor Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Maju Erick Thohir tiba di Kementerian BUMN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *