Home / Berita / Sinopsis Buku Berjudul “Kenali Diri Sendiri”

Sinopsis Buku Berjudul “Kenali Diri Sendiri”

Sinopsis buku berjudul “Kenali Diri Sendiri” karya Nafis Mudrika.

Salah satu cara untuk mengenali diri adalah dengan introspeksi diri. Melihat ke dalam diri sendiri apa kelebihan dan apa kekuatan sendiri. Caranya adalah dengan bertanya kepada diri sendiri.

Hasil yang hendak didapat dari proses pengenalan diri adalah konsep diri (self concept). Mengenali diri adalah salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, baik secara fisik, psikis, sosial, maupun moral. Persepsi tersebut meliputi sesuatu yang dicita-citakan maupun keadaan yang sesungguhnya. (Grinder, 1978)

Konsep diri yang diharapkan adalah konsep diri positif. Hal ini karena konsep diri positif akan membentuk harga diri yang kuat. Orang dengan konsep diri positif dan harga diri yang kuat akan lebih berarti dan efektif dalam pergaulan sosial.

Jika kita sudah mampu mengenali diri dan mendapatkan konsep diri, langkah selanjutnya adalah menerima diri. Kita tidak bisa membohongi diri sendiri karena itu justru akan merugikan kita, cepat atau lambat. Mungkin kita mempunyai konsep diri ideal yang berbeda dengan konsep diri hasil pengenalan diri kita. Hal ini tidak masalah.

Sebab, ketika kita sudah berhasil menjawab siapa saya maka langkah selanjutnya adalah menjawab pertanyaan saya ingin menjadi siapa (konsep diri ideal untuk mendukung impian pribadi). Nah, dari sinilah sebetulnya kita bisa belajar mengembangkan diri dan mencapai konsep diri ideal dengan cara membandingkan konsep diri ideal dengan konsep diri hasil pengenalan diri. Dari gap atau hal-hal yang perlu diperbaiki itulah kita bisa menyusun strategi untuk mencapainya.

Inilah sebuah buku yang tepat dalam membahas kesemua permasalahan di atas dalam perspektif remaja yang segar. Menyasar pentingnya mengenali diri sebagai dasar dari seluruh pendidikan karakter bangsa.

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Integrasi Loyalty Program Garuda Indonesia Group – Sriwijaya Air Group

Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama-sama dengan Sriwjaya Air, NAM Air dan jaringan hotel Aerowisata Group, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *