Home / Berita / Sinopsis Buku Berjudul “Kenali Stress”

Sinopsis Buku Berjudul “Kenali Stress”

Disampaikan sinopsis hari ini berjudul “Kenali Stress” karya Intan Savitri dan Sidik Effendi.

Mengapa seseorang mudah terpicu untuk melakukan kekerasan dan berperilaku agresif? Analisisnya bermacam-macam, salah satunya adalah faktor stres. Mengapa stres memicu kekerasan dan agresifitas? Analogi botol berisi air soda yang kemudian mendapat tekanan tinggi lalu meledak bisa jadi dapat digunakan. Tekanan yang tak mampu ditampung tentu akan menimbulkan ledakan. Jika begitu, manakah yang bisa dilakukan? Mengubah air soda menjadi air biasa yang tak akan meledak jika diberikan tekanan tinggi? Memperluas daya tampung sehingga tekanan sebanding dengan wadahnya? Ini adalah beberapa analogi tentang betapa tak mudahnya mengelola pikiran kita sendiri yang menerjemahkan tekanan menjadi sesuatu yang tak tertampung dan akhirnya menimbulkan stres.

Apa sebenarnya stres? Mengapa seseorang membutuhkannya dalam tingkatan tertentu untuk memacu kinerja? Sementara disisi lain justru tekanan menyebabkan seseorang tak lagi mampu menunjukkan kinerja yang memuaskan? Pengetahuan tentang hal ini, akan memperkaya siswa untuk dapat mengenali dirinya sendiri melalui pengenalan terhadap cara berpikirnya yang kerap kali menjadi pemicu stres, untuk kemudian berlatih mengelola pikirannya, perasaannya, dan mengubah perilakunya agar tekanan yang dirasakannya tidak berdampak memicu stres.

Buku ini diharapkan menjadi salah satu referensi siswa agar dapat mengiringi kecerdasan kognitifnya dengan kecerdasan emosi yang dampaknya adalah mengurangi tingkat stres dalam menghadapi peristiwa sehari-hari. Sedikitnya referensi perilaku dan pengelolaan emosi yang dikemas generik dalam buku-buku pelajaran membuat buku ini menjadi berharga dan pantas untuk menjadi salah satu rujukan untuk menumbuhkan karakter positif siswa.

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;

1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

BTN Klaim Kinerja Memasuki Kuartal III/2019 Masih Solid

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengklaim kinerja perseroan tetap solid memasuki kuartal III/2019. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *