Home / Berita / Sinopsis Buku berjudul “Masa Bergolak”

Sinopsis Buku berjudul “Masa Bergolak”

Sinopsis Buku berjudul “Masa Bergolak” karya M. A. Salmun

Karya M. A. Salmun yang berjudul Masa Bergolak ini adalah pemenang hadiah hiburan bacaan dewasa sayembara besar mengarang PT Balai Pustaka tahun 1966. Ceritanya berlaku di kota Bandung, Bogor, dan sekitarnya, melukiskan suasana perjuangan mempertahankan kemerdekaan Proklamasi 17 Agustus 1945, berawal pada bulan November 1945.

Buku yang patut dibaca oleh generasi muda masa kini ini menggambarkan perjuangan segenap lapisan masyarakat, tua-muda, rakyat biasa maupun aparatur negara yang selalu bahu-membahu dalam menghadapi masa bergolak. Sementara itu ada juga beberapa gerombolan penjahat yang memanfaatkan masa bergolak bagaikan mengail di air keruh. Namun, pada akhirnya mereka itu terlindas oleh semangat rakyat yang sedang berjuang di atas jalur cita-cita kemerdekaan bangsa.

Setelah sembuh dari luka yang dideritanya, ia menyumbangkan darah untuk menyelamatkan nyawa seorang gadis bernama Mintrasih, seorang intel yang bekerja untuk kepentingan Republik. Dari gadis itu ia mengetahui bahwa ayahnya diculik gerombolan yang menggunakan kendaraan Pontiac hitam bernomor 1718. Ketika ia menyatakan hendak menyusul ibunya ke Bogor, Mintarsih menyarankan agar menyamar sebagai setoker di kereta api. Namun, sebelumnya ia ikut serta dalam penyerbuan ke Hotel Savory Homann tempat para perwira Inggris tinggal.

Semoga buku yang telah mengalami cetak ulang tiga kali ini tetap mendapat tempat di hati para pembaca, dan mampu memberi gambaran sekilas tentang suasana perjuangan bangsa di awal kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Jasa Marga Selenggarakan Pelatihan dan Pembekalan Bagi Milenial

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar pelatihan dan pembekalan bagi para kaum milenial melalui workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *