Home / Berita / Sinopsis Buku Berjudul “Pahlawan Minahasa”

Sinopsis Buku Berjudul “Pahlawan Minahasa”

Disampaikan sinopsis buku berjudul “Pahlawan Minahasa” karya Marius Ramis Dajoh

Pada suatu ketika, terjadilah peang antar suku yang mendiami Lembah Gunung Lakon dengan rakyat Gunung Klabat, yang disebut juga bangsa Wantik. Dinamakan bangsa Wantik karena rakyat Gunung Klabat selalu diserang dan dirampok oleh orang-orang Wantik, maka dikirimlah Lengkongwuaya yang gagah berani dan sakti mandraguna. Ia berhasil masuk ke Negeri Wantik.
Di negeri itu, Lengkongwuaya berjumpa dengan pemimpin bangsa Wantik yang bernama Wantian. Namun, tak tahu sebabnya, tiba-tiba mereka berkelahi. Cukup lama mereka berkelahi. Hingga akhirnya, Lengkongwuaya berhasil memenangkan pertarungan itu.

Petualangan pahlawan yang bernama Lengkongwuaya ternyata membawa beberapa hikmah, yaitu memberantas kaum perompak, menyatukan penduduk yang berada di kaki Gunung Kelabat yang selalu bertikai, dan menjadikan rakyat tenteram. Usaha Lengkongwuaya tidak berjalan mulus.
Ia harus mengorbankan harta yang paling berharga baginya, yaitu putranya yang terbunuh oleh pedangnya sendiri. Akan tetapi, semua cobaan itu dapat ia terima karena ia yakin semuanya terjadi karena kehendak penguasa.

Cerita yang berasal dari daerah Minahasa ini sengaja kami terbitkan kembali besama-sama dengan buku nostalgia lainnya untuk bacaan segar dan juga sebagai bahan kajian.

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Kementerian BUMN Buka Sejumlah Keluhan Karyawan Garuda

Kasus penyelundupan motor Harley Davidson bekas dan sepeda Brompton dalam pesawat baru Airbus A330-900 yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *