Home / Berita / Sinopsis Buku : Bukit Fafinesu

Sinopsis Buku : Bukit Fafinesu

Sinopsis Bukit Fafinesu karya G.Wu yang merupakan Kisah Legenda Nusantara.

Legenda Bukit Fafinesu dari daerah Nusa Tenggara Timur. Legenda yang menceritakan asal-mula nama bukit Fafinesu ini masih dipercayai oleh masyarakat setempat. Adapun pelajaran yang dapat dipetik dari cerita ini adalah bahwa dalam persaudaraan, sebagi anak sulung seperti Saku sudah semestinya memiliki rasa tanggung jawab dan mengambil alih tugas-tugas orang tua mereka untuk merawat dan menididik adik-adiknya tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Zaman dahulu, ada sebuah keluarga sederhana yang tinggal di pulau Komodo. Sang ayah sangat rajin berburu untuk menghidupi keluarganya. Tibalah keinginan sang ayah untuk memburu seekor babi hutan di tengah hutan. Namun tidak seekorpun berhasil ditangkapnya untuk dibawa pulang. Beberapa saat kemudian ia berhasil mendapatkan seekor babi hutan di tepi tebing. Saat akan mengambil hasil buruannya, kakinya tersangkut akar pohon dan jatuh ke dasar jurang.

Sang ibu yang sedang mengandung merasakan sesuatu yang tidak enak. Di rumah itu ia tinggal dengan dua orang anaknya yaitu Saku dan Abatan. Sang ayah yang telah ditunggu keluarganya tak kunjung pulang karena telah meninggal. Setelah kepergian sang ayah, sang ibu melahirkan seorang anak yang diberi nama Seko, namun pada hari itu juga ibu ketiga anak itu menghadap yang Kuasa lebih dahulu.

Saku, Abatan dan Seko tinggal dengan nenek mereka. Namun kebahagiaan itu hanya sementara karena nenek mereka meninggal. Mereka hidup tanpa orang tua dan saling menjaga satu sama lain serta selalu berbuat baik. Karena dengan berbuat baik, mereka bisa bertemu kembali dengan kedua orang tuanya.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *