Home / Berita / Sinopsis Buku : BUMN Dalam Sudut Pandang Tata Negara

Sinopsis Buku : BUMN Dalam Sudut Pandang Tata Negara

Sinopsis buku kali ini membahas BUMN Dalam Sudut Pandang Tata Negara karya Refly Harun.
.
Selain dikenal sebagai praktisi dan akademisi hukum tata negara yang andal, Refly Harun juga komisaris utama sebuah badan usaha milik negara (BUMN). Refly diangkat sebagai Komisaris Utama PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Pada Rapat Umum Pemegang Sahan (RUPS) tanggal 18 Maret 2015 dan mengakhiri jabatan tersebut pada tanggal 5 September 2018. Refly kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT. Pelindo 1 (Persero)sejak 7 September 2018.
.
Buku ini merupakan upaya Refly untuk memadukan latar belakang keilmuannya sebagai seorang ahli hukum tata negara dengn pengalaman praktisnya sebagai pengurus BUMN. Pada dasarnya, BUMN hadir sebagai pengejawantahan dari sistem ekonomi konstitusi yang tercantum baik dalam pembukaan maupun pasal-pasal dalam UUD 1945, terutama Pasal 33 Ayat (2) dan Ayat (3) yang menegasakan bahwa penguasaan negara atas sumber daya alam dan cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan meguasai hajat orang banyak ialah “sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.
.
Frasa “sebesar-besarnya kemakmuran rakyat” inilah yang menjadi raison d’etre mengapa negara harus hadir dalam altar perekonomian melalui BUMN. Oleh karena itu, tak perlu ada sikap ambivalen dari para pengurus BUMN terhadap maksud dan tujuan didirikannya BUMN. Baik tujuan mencari keuntungan maupun sebagai agen pembangunan, bingkainya tetap sama, yaitu untuk “sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.
.
Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;

1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Jasa Tirta I Partisipasi ICWRDEP 2019 di Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Bertempat di Auditorium Prof Ir Suryono, Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya 12-13 Oktober 2019 dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *