Home / Berita / Sinopsis Buku Jayaprana & Layonsari

Sinopsis Buku Jayaprana & Layonsari

Sinopsis Buku Jayaprana & Layonsari karya G. Wu

Kisah Jayaprana merupakan cerita rakyat dari daerah Bali Barat, merupakan kisah suami istri Jayaprana dan Layonsari yang saling mencintai sehidup semati, sehingga dijadikan simbol cinta sejati.

Lokasi berakhirnya Jayaprana berada di hutan Teluk Terima, Taman Nasional Bali Barat, di kawasan itu juga terdapat Pura Pulaki yang selalu dikaitkan dengan kisah Jayaprana yang diyakini benar terjadi karena terdapat makam Jayaprana di Pulaki.

Kisah Jayaprana –Layonsari hingga kini masih tetap “hidup” dan diabadikan dalam cerita-cerita rakyat Bali, pertunjukan drama, tarian, lukisan dan karya seni lainnya, kisah ini juga dijadikan simbol kesetiaan dan banyak mengispirasi seniman di Bali dalam menghasilkan karyanya.

Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu kawasan konservasi dan taman marga satwa untuk pelestarian alam. Pulau Bali sudah sangat dikenal memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam, mulai dari panorama pantai yang memesona hingga jajaran pegunungan dan pura-pura yang memiliki tekstur bangunan unik, sehingga pulau ini menjadi tujuan utama wisatawan.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi Dok Perkapalan Surabaya yang ke-109

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi Dok Perkapalan Surabaya yang ke-109 22 September …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *