Home / Berita / Sinopsis Buku Ning Rande

Sinopsis Buku Ning Rande

Sinopsis Buku Ning Rande karya G. Wu

Kalimantan Selatan dikenal dengan hasil kerajinan tangannya yang khas dan unik. Salah satu kerajinan itu adalah kain sasirangan, dengan warna-warni dan motif yang sangat khas. Selain kain sasirangan, ada juga kerajinan kain tenun pagatan yang tidak kalah dengan corak dan warnanya.

Alkisah di sebuah desa, ada seorang penenun yang terkenal bernama Rangde. Sejak kecil Rangde sudah diajarkan untuk menenun oleh ibunya. Hasil tenunannya sangat terkenal di desanya, hingga keluarga kerajaan pun sering memesan kainnya.

Kecantikannya dikenal di seluruh wilayah.

Suatu hari, pangeran yang mendengar tentang kecantikan Rangde, datang ke rumahnya untuk memesan gaun dari dia. Pangeran kagum dengan kecantikan dan kerendahan hatinya. Dia jatuh cinta padanya. Setelah ia mendapatkan pakaiannya, pangeran segera kembali ke istana. Dia ingin memberitahu ayahnya bahwa ia telah menemukan calon istrinya. Saat pangeran tiba di istana, ia tak sadarkan diri dan mendapat demam tinggi. Dalam tidurnya, ia selalu berbisik nama Rangde.

Sang Raja khawatir dan bertanya kepada penasihatnya tentang nama Rangde itu. Penasihatnya pun menjelaskan tentang asal usul nama Rangde. Keesokan harinya, Raja memerintahkan wakil mangkubumi untuk datang ke rumah Rangde untuk menyampaikan proposal pernikahan. Rangde pun sangat bahagia karena ia juga jatuh cinta kepada pangeran.

Sang pangeran pun mendengar kabar itu, kesehatannya semakin membaik. Kemudian pangeran dan keluarga kerajaan pergi ke rumah Rangde. Namun dalam perjalanan, pangeran meninggal dan raja pun tidak melanjutkan perjalanan. Rangde yang sedang menjahit gaunnya tidak tahu akan kabar itu. Rangde terus menunggu pangeran setiap hari dan terus menjahit sampai ia sudah tua. Ia dipanggil Ning karena sudah tua dan memiliki tubuh yang bungkuk.

Sumber Balai Pustaka

Check Also

LMAN Bayar Dana Pembebasan Lahan Tol Semarang – Demak Sebesar Rp66 Miliar

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melakukan pembayaran sebesar Rp66 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *