Home / Berita / Sinopsis Buku : Raja Negeri Jambi

Sinopsis Buku : Raja Negeri Jambi

Sinopsis Raja Negeri Jambi, karya G.Wu

Pada zaman dahulu, terdapat lima desa yang jaraknya berdekatan dan belum memiliki seorang raja. Desa tersebut diantaranya adalah Tujuh Kato, Sembilan Kato, Petajin, Muara Sebo dan Batin Duo Belas. Dari kelima desa tersebut yang paling berpengaruh adalah Desa Batin Duo Belas.

Semakin hari penduduk kelima desa tersebut semakin ramai dan kebutuhan hidup mereka pun semakin berkembang. Melihat perkembangan setiap desa, para sesepuh memiliki pemikiran akan dibutuhkannya seorang raja untuk memimpin mereka. Hasil dari musyawarah para sesepuh desa itu lahirlah sebuah sayembara untuk menjadi raja dengan empat kriteria, yaitu dibakar, direndam dalam air mendidih, ditembakkan dengan meriam ke udara dan digiling dengan kilang besi.

Tiga hari setelah kesepakan itu dibuat, akhirnya sayembara pun dimulai. Setelah semua perwakilan dari masing-masing desa unjuk kebolehannya, tapi tidak ada satupun yang lolos ujian kriteria untuk menjadi raja. Para sesepuh desa pun berfikiran membentuk tim perwakilan dari setiap desa untuk berkeliling mencari calon raja dari negeri tetangga yang ada diseberang samudra. Setelah berlayar berhari-hari, minggu sampai berbulan-bulan akhirnya ditemukan seorang pemuda sakti yang bersedia untuk menjalankan ujian menjadi calon Raja Negeri Jambi, kemudian dibawalah sang pemuda sakti ini ke Negeri Jambi.

Satu per satu ujian dilewatinya sampai pada ujian terakhir yaitu digiling dengan kiling besi yang membuat para warga desa terhening dibuatnya ketika dia menghancurkan mesin giling itu dengan satu kaki, sontak membuat semua warga tercengang dan kagum sekaligus bahagia karena akhirnya mereka memiliki raja yang sesuai dengan harapan.

Pada hari itu juga, dinobatkanlah sang pemuda sakti dari negeri seberang menjadi Raja Negeri Jambi.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

5 Prioritas Presiden Jokowi, Masa Lima Tahun ke Depan

Presiden Joko Widodo menyampaikan lima aspek yang menjadi prioritas dalam periode kedua pemerintahannya sepanjang 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *