Home / Berita / Sinopsis Buku Si Pahit Lidah

Sinopsis Buku Si Pahit Lidah

Sinopsis Buku Si Pahit Lidah karya G. Wu

Cerita rakyat Si Pahit Lidah berasal dari daerah Provinsi Sumatera Selatan.
Si Pahit Lidah bercerita tentang seorang pangeran bernama Serunting yang tinggal di daerah Sumidang. Ia mencari seorang istri sesuai amanat ibunya sebelum meninggal.

Seorang wanita biasa bernama Sitti memikat hatinya dan segera diminta oleh Serunting untuk menjadi istrinya. Sitti memiliki adik bernama Aria Tebing, ia tak tega meninggalkan adiknya hidup seorang diri setelah ia tinggal di istana.
Diajaknya adiknya untuk tinggal di istana namun Aria Tebing lebih memilih hidup apa adanya tanpa ada aturan.

Orang tua Sitti dan Aria Tebing telah meninggal, namun mereka bingung untuk membagi warisan kedua orang tuanya. Sang kakak meminta pendapat kepada suaminya, Serunting. Diputuskanlah pembagian warisan itu dengan memberi pembatas pada lahan yang sudah diwariskan.

Masalah mulai muncul ketika Serunting tidak mau membagi jamur emas yang tumbuh di lahan bgian istrinya. Terjadi perkelahian antara Aria Tebing dan Serunting. Serunting pun berhasil dikalahkan oleh adik Sitti.

Dari kejadian itu, Serunting mengasingkan diri untuk bertapa di sebuah goa dan mendapatkan ilmu sakti. Selepas masa pertapaannya, ia banyak menolong dalam perjalanannya dan meminta maaf kepada istrinya dan adik Sitti.

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

Bio Farma Beri Edukasi 400 Santri Jawa Timur Gaya Hidup Sehat

Bio Farma kembali menggelar Road Show Santri Sehat yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *