Home / Berita / Sinopsis Buku Sultan Hasanudin Ayam Jantan

Sinopsis Buku Sultan Hasanudin Ayam Jantan

Sinopsis Sultan Hasanudin Ayam Jantan dari Ufuk Timur karya Sagimun M.D.

Sultan Hasanudin adalah seorang pahlawan yang gagah berani membela dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnyadari serbuan kaum penjajah Belanda (VOC). Sejarah perjuangan pahlawan-pahlawan Gowa di bawah pimpinan Sultan Hasanudin menghidupkan kembali kejayaan jiwa laut yang perkasa bangsa Indonesia seperti yang terkandung di dalam semboyan dan tekad pelaut suku Makasar, Kualleyangngi tallanga na towalia yang artinya: Aku lebih baik tenggelam daripada balik kembali. Jadi pelaut-pelaut suku Makasar yang gagah berani lebih baik mati tenggelam daripada harus balik kembali dengan sia-sia tanpa mencapai tujuan yang dicita-citakannya.

Orang-orang Belanda yang pada abad ketujuh belas terkenal sebagai pelaut-pelaut yang ulung dan gagah berani di Eropa menemukan tandingannya di tanah air kita. Di dalam sejarah perjuangan Sultan Hasanudin inilah banyak terjadi pertempuran-pertempuran laut yang seru dan dahsyat. Karena kegagahberanian pelaut-pelaut suku Makasar-lah, maka orang-orang Belanda memberikan julukan “ De haantjes van het Oosten” kepada Sultan Hasanudin dan orang-orang Makasar yang beliau pimpin, yang artinya ayam-ayam jantan atau jago-jago dari kawasan timur.

Sejarah perjuangan Sultan Hasanudin dapat menghidupkan kembali dan memelihara semangat pahlawan bangsa Indonesia menentang penjajahan. Sultan Hasanudin adalah seorang pahlawan yang telah mengabdikan dirinya kepada perjuangan melawan adn menentang penjajahan Belanda.

Sobat Balai Pustaka yang berminat memiliki buku ini, silahkan menghubungi;
1. Bapak Juan >>> 081287972103
2. Bapak Supriadi>>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber Balai Pustaka, edit koranbumn

Check Also

LPEI Dorong Generasi Muda Jadi Eksportir Unggul, Lebih Dalami Potensi Eksportasi

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendorong pelaku usaha dalam negeri termasuk generasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *