Home / Anak Perusahaan / SKK Migas – PGN SAKA Bangun Fasilitas Air Bersih untuk Masyarakat Ujungpangkah

SKK Migas – PGN SAKA Bangun Fasilitas Air Bersih untuk Masyarakat Ujungpangkah

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, SKK Migas – PGN SAKA membangun fasilitas sarana air bersih yang pengelolaannya berbasis masyarakat kepada masyarakat di empat desa wilayah operasional SKK Migas – PGN SAKA di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Ke empat desa tersebut meliputi Desa Pangkahwetan, Desa Pangkahkulon, Desa Banyuurip dan Desa Ngimboh.
Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung program pembangunan Pemerintah Kabupaten Gresik, serta dalam rangka mewujudkan program nasional yang lagi dicanangkan yaitu program 100-0-100 untuk Indonesia bersih dan sehat. Program 100-0-100 merujuk pada target 100% kemudahan mengakses air bersih, 0% luas kawasan permukiman kumuh dan 100% lingkungan sanitasi yang layak dan sehat.
“SKK Migas – PGN SAKA sangat peduli terhadap masyarakat sekitar wilayah operasinya. Sehingga keberadaan kami diharapkan dapat membawa manfaat langsung dan betul-betul dirasakan oleh masyarakat sekitar. Kami juga siap mendukung program pemerintah dalam proyek-proyek pembangunan wilayah”, kata Purwanto Nugroho -Vice President Government Relations & Social Responsibility PGN SAKA dalam sambutan peresmian sarana dan prasarana air bersih, Kamis (2/8).
Peresmian sarana dan prasarana air bersih di empat desa Kecamatan Ujungpangkah, secara simbolis dilakukan penandatanganan prasasti oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di daerah yang berlokasi di Dusun Druju, Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Keempat sarana dan prasarana air bersih yang diresmikan tersebut berkapasitas 75.000 liter dan mampu menyalurkan air bersih ke 616 sambungan rumah tangga (SR) dengan total panjang pipa 12.200 meter di empat desa Kecamatan Ujungpangkah.
Untuk selanjutnya, pengelolaan sarana dan prasarana air bersih tersebut dikelola oleh empat Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) yang dipilih secara partisipatif di masing-masing desa.
Sebelumnya pada tahun 2017, SKK Migas – PGN SAKA juga telah menyerahterimakan program serupa pada tiga desa wilayah operasionalnya di Kecamatan Manyar. PGN-SAKA merupakan anak perusahaan dari Perusahaan Gas Negara (PGN) yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas bumi. Sekaligus juga sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengelola blok Pangkah di Kabupaten Gresik.
SKK Migas – PGN SAKA selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar wilayah operasi melalui program pembangunan yang berkelanjutan berdasarkan kebutuhan masyarakat serta sejalan dengan program pembangunan dari pemerintah.
Sumber Situs Web PGN

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *