Home / Berita / Struktur Biaya Pembangunan LRT Jabodebek

Struktur Biaya Pembangunan LRT Jabodebek

Dalam pembangunan prasarana dan sarana LRT Jabodebek terdapat tiga lingkup pekerjaan yang dilaksanakan oleh ADHI. Di antaranya pekerjaan jalur, pekerjaan stasiun, depo dan OCC, serta pekerjaan fasilitas operasi dan trackwork. Dari ketiga lingkup pekerjaan ini, total biaya proyek LRT Jabodebek mencapai Rp20,752 triliun atau sebesar Rp 467,08 miliar/km.

Biaya pembangunan khusus jalur LRT Jabodebek sepanjang 44,3 km ini mencapai Rp10,480 triliun, atau sekitar Rp235,88 miliar/km. Angka tersebut meliputi pekerjaan struktur elevated dan longspan. Sedangkan, pada lingkup pekerjaan stasiun yang terdiri dari struktur, arsitek, dan MEP (Mekanikal, Elektrikal, dan Plambing), juga pekerjaan depo yang terdiri dari bangunan OCC (Operation Control Centre), bangunan admin, perawatan bangunan, stabiling bay, jalur perpindahan dan railway system biaya yang digunakan sebesar Rp3,713 triliun atau Rp83,57 miliar/km.

Untuk pekerjaan fasilitas operasi dan trackwork biaya yang digunakan sebesar Rp6,559 triliun, atau sekitar Rp147,63 miliar/km. Pekerjaan ini meliputi power supply, power rail, signaling system, SCADA, bangunan substation, telekomunikasi, plartform screen door, dan track work.

Angka ini cukup kompetitif bila dibandingkan proyek elevated serupa, karena pemilihan struktur tipe U-shape Girder yang menjadikan harganya cukup ekonomis.

Sumber ADHI , edit koranbumn

Check Also

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *