Home / Berita / Sucofindo Sediakan Layanan Pengujian Perangkat dan/atau Alat Telekomunikasi pada Terminal Frekuensi.

Sucofindo Sediakan Layanan Pengujian Perangkat dan/atau Alat Telekomunikasi pada Terminal Frekuensi.

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat PT Sucofindo (Persero) melakukan terobosan untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0. Salah satunya dengan membangun laboratorium pengujian perangkat telekomunikasi. Besarnya pasar alat telekomunikasi di Indonesia dimanfaatkan oleh Sucofindo untuk memberikan layanan pengujian perangkat telekomunikasi bagi produsen lokal, pemegang merk dan distributor perangkat dan/atau alat tersebut untuk memastikan Standar kualitas produk sesuai dengan regulasi didalam negeri dimaksudkan untuk memberikan kepercayaan kepada pengguna atau konsumen telah memenuhi persayaratan jaminan mutu yang sesuai dengan standar yang diterapkan, sekaligus memberikan perlindungan bagi konsumen

PT Sucofindo (Persero) kini telah memberikan layanan pengujian perangkat dan/atau alat telekomunikasi pada terminal frekuaensi (GSM, DCS, CDMA, WCDMA, UMTS/IMT, LTE, Wi-Fi Indoor, Wi-Fi Outdoor) dan Short Range Device (Bluetooth, RFID, Low Power, Near Field Communication). Jasa ini merupakan jasa sertifikasi dan pengujian terhadap kualitas perangkat tersebut serta dalam rangka upaya mendukung pemerintah untuk meningkatkan kualitas produk dalam negeri yang akan dipasarkan produknya di Indonesia. Perusahaan yang 95 persen sahamnya milik negara itu telah meresmikan operasional Laboratorium Uji Radio Frekuensi (RF) dan Electrical Safety (ES) “LAB TELKO” Perangkat Telekomunikasi pada 25 Desember 2018 yang lalu. Laboratorium ini sebagai langkah awal Sucofindo dalam membangun Laboratorium Telekomunikasi untuk semua parameter yang akan di ujikan di Indonesia diantaranya Electromagnetic Compatibility (EMC), Specific Absorption Rate (SAR) dan Electromagnetic Field (EMF). Laboratorium Sucofindo saat ini mampu menguji produk Handphone, Komputer Genggam, dan Tablet (HKT).

Siapa Pengguna Layanan Laboratorium Pengujian HKT

Laboratorium TELKO SUCOFINDO dapat dimanfaatkan oleh perusahaan produsen dan importir HKT di Indonesia. Sesuai dengan apa yang disampaikan Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo-RI, DR.Ir Ismail MT kepada media beberapa waktu lalu, bahwa Kemenkominfo mendukung upaya SUCOFINDO membangun laboratorium pengujian perangkat telekomunikasi. Dengan harapan, SUCOFINDO dapat membantu memberikan pemastian standart teknis perangkat sudah sesuai dengan regulasi dan perlindungan kepada konsumen HKT dan membantu daya saing produk HKT di Indonesia.

Fasilitas dan Kelebihan Laboratoium HKT Sucofindo

Direktur Utama  PT. Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin mengatakan bahwa laboratorium TELKO SUCOFINDO ini didirikan untuk mendukung pelaksanaan Peraturan Menteri (Permen) Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor:23/2016: Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi Pesawat Telepon Seluler, Komputer Genggam dan Komputer Tablet; Nomor 27 tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat telekomunikasi berbasis standar Teknologi Long Term EvolutionNomor 28 tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis alat dan Perangkat Telekomunikasi yang beroperasi pada pita frekuensi radio 2,4 Ghz dan/atau pita frekuensi radio 5,8Ghz; dan peraturan dirjen terkait dengan standart teknis pengujian perangkat lainya.

Cara Memanfaatkan Layanan Bagi Produsen dan Importir HKT

Sucofindo telah melayani berbagai jenis pengujian, diantaranya untuk pengujuan pangan, kosmetika, produk pertanian, mineral, migas, dan produk konsumen lainnya. Pengujian perangkat HKT tergolong layanan paling baru menjelang tahun 2019.

Laboratorium RF melayani pengujian produk perangkat telekominkasi, Handphone, Komputer, Tablet (HKT) yang terhubung dengan WLAN, 4G LTE, pengujian Bluetooth, dan perangkat untuk GSM dan Wi-Fi.

Terhadap sample yang diterima untuk diuji, Laboratorium Sucofindo akan melakukan pengujian terhadap sampel atau contoh dari produk tersebut. Kemudian Sucofindo akan memberikan hasil berupa Report of Analysis atau Laporan Analisis terhadap produk yang diuji. Hasil uji ini hanya berlaku pada sampel yang diuji saja, tidak mewakili keseluruhan produk yang diproduksi atau produk pada bacth tertentu atau masa produksi tertentu.

Anda yang ingin menggunakan jasa pengujian laboratorium HKT dapat menghubungi customer service Sucofindo melalui email (customer.service@sucofindo.co.id), telepon (021-7983666 #1116, 1124) maupun chat di website Sucofindo.

Check Also

Antam Jajaki Ekspansi di Afrika dan Laos untuk Perkokoh Kinerja Keuangan

PT Aneka Tambang Tbk. memiliki rencana penambahan portofolio bisnis di dua negara, yakni Afrika dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *