Home / Berita / Tahap Perakitan Alat Bor Raksasa Telah Selesai

Tahap Perakitan Alat Bor Raksasa Telah Selesai

Pelaksanaan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) makin dikebut dengan selesainya perakitan alat bor raksasa (Tunnel Boring Machine/TBM) yang didatangkan khusus dari Zhanghuabang Wharf, Shanghai. Bor raksasa ini segera dioperasikan menembus lapisan tanah di bawah tol Cikampek mulai KM 3+300, dari arah Jakarta, untuk pengerjaan konstruksi terowongan sepanjang 1.885 meter, yang akan jadi terowongan kereta terpanjang di Indonesia.

TBM KCJB akan bekerja secara intensif dengan standar pengoperasian selama 24 jam tanpa henti. Pada kecepatan tertinggi mesin bor yang memiliki mata bor (cutting knives) yang dirancang khusus dari logam keras dapat melubangi lapisan tanah sepanjang delapan meter per harinya.

Untuk memudahkan dan mempercepat proses pengeboran, TBM KCJB juga dilengkapi dengan Slurry Treatment Machine yang berfungsi untuk mengolah material tanah hasil bor menjadi kompartemen yang mudah diangkut.

Dengan teknologi TBM ini, maka proses pengeboran akan berlangsung dengan aman dan cepat. Dengan demikian mimpi Indonesia memiliki moda transportasi terintegrasi dapat terwujud. KCJB sendiri diharapkan selesai pada tahun 2021 dan akan menjadi kereta cepat pertama di Asia Tenggara.

Sumber Kementerianbumn, edit koranbumn

Check Also

59 Kapal Siap Layani Penyeberangan Merak-Bakauheni Masa Nataru

Kementerian Perhubungan pastikan ada 59 kapal yang siap beroperasi di lintas penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *