Home / Berita / Tahapan Program Pendanaan untuk Pembangunan Fasilitas Infrastruktur di The Mandalika

Tahapan Program Pendanaan untuk Pembangunan Fasilitas Infrastruktur di The Mandalika

Salah satu pertanyaan penting tentang pembangunan fasilitas infrastruktur di The Mandalika adalah bagaimana aspek pendanaan proyeknya. ITDC dengan dukungan penuh dari Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan, mampu melalui satu tahap penting dalam program pendanaan untuk pembangunan fasilitas infrastruktur di The Mandalika yaitu dengan ditandatanganinya Perjanjian Fasilitas Mandalika Urban & Tourism Infrastructure Project (MUTIP) (“Fasilitas MUTIP”) dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) pada 31 Desember 2018, senilai USD248,4 juta (setara Rp 3,6 trilyun).

Fasilitas tersebut merupakan tonggak bersejarah bagi ITDC, maupun dalam pengembangan pariwisata di Indonesia mengingat ini merupakan fasilitas pertama kali AIIB dalam pembangunan di sektor pariwisata di dunia dan fasilitas standalone pertama AIIB di Indonesia.

Setelah penandatanganan Perjanjian Fasilitas MUTIP terlaksana, masih ada beberapa proses yang perlu dijalani ITDC agar fasilitas tersebut menjadi efektif. Salah satunya yang sudah berhasil dilalui adalah proses Implementation Monitoring Mission oleh tim AIIB yang berlangsung 18-22 Maret 2019 yang mana akhirnya ITDC memperoleh pengesahan status efektif Fasilitas MUTIP pada 22 Maret 2019.’

Pengesahan tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Declaration of Loan Effectiveness oleh Director General AIIB, Mr. Yee Ean Pang pada 22 Maret 2019 yang juga sebagai penutup rangkaian acara Project Launch Workshop 18-22 Maret 2019 di Mandalika.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Pengelolaan Risiko Keuangan Negara (PRKN), Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan yang menandai telah berjalannya Penjaminan Negara atas fasilitas tersebut.

Hadir juga para stakeholder yang telah bermitra untuk terlaksananya proyek ini seperti perwakilan Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, Bappenas, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII), PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), Dinas Permukiman Kabupaten Lombok Tengah, Bappeda NTB, dan PDAM.

Sumebr ITDC, edit koranbumn

Check Also

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *