Home / Berita / Taman Aneka Satwa, Fasilitas yang Dihadirkan TWC

Taman Aneka Satwa, Fasilitas yang Dihadirkan TWC

Taman Wisata Candi Prambanan merupakan sebuah kawasan terpadu yang memiliki beragam fasilitas dan sarana yang dapat membuat nyaman wisatawan. Selain menunjang keberadaan Candi Prambanan sebagai situs Warisan Dunia, beragam fasilitas ini dihadirkan untuk melengkapi momen liburan wisatawan yang berkunjung ke situs candi Hindu tertinggi di Indonesia ini.

Salah satu fasilitas yang dihadirkan oleh pengelola adalah taman aneka satwa. Area ini terdiri dari beragam kandang umbaran beberapa satwa yang dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Prambanan. Satwa-satwa ini terdiri dari beberapa jenis hewan seperti rusa, kambing, kelinci, merak dan kasuari.

Keberadaan aneka satwa ini merupakan salah satu langkah Taman Wisata Candi Prambanan untuk menghadirkan konsep one stop vacation dalam kunjungannya ke Candi Prambanan. Selain itu, keberadaan satwa-satwa ini juga dapat menjadi objek edukasi dan rekreasi bagi anak-anak.

Keberadaan aneka satwa ini dihadirkan disesuaikan berdasarkan relief-relief yang ada di Candi Prambanan. Munurut Moertjipto dan Bambang dalam bukunya Mengenal Candi Siwa Prambanan dari dekat, motif fauna ini hanyalah pendukung motif lainnya, seperti motif suluran (flora) dan motif Prambanan.

Motif fauna ini begitu natural, sehingga ahli biologi (khususnya burung) bisa mengidentifikasinya, setidaknya sampai tingkat genus atau familinya menurut klasifikasi binatang secara ilmiah. Jenis fauna yang paling banyak adalah dari golongan aves (burung) dan mamalia. Burung-burung yang bisa diamati di relief candi adalah merak (Pavo sp.), ayam hutan (Gallus sp.), cangak (Ardea sp.), kuntul (Egretta sp.), gemak (Turnix sp.), Kakatua (Caccatua sp. ), Buceros sp., Gagak (Cervus sp.), Merpati (Columbidae), dan Cekakak (Halcyonidae).

Sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *