Home / Berita / Taman Wisata Candi Dorong Pengembangan Kawasan Wisata Candi Sojiwan

Taman Wisata Candi Dorong Pengembangan Kawasan Wisata Candi Sojiwan

Candi Sojiwan  adalah sebuah candi Buddhis yang terletak di desa Kebon Dalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten Jawa Tengah. Sebuah ciri khas candi ini ialah adanya sekitar 20 relief di kaki candi yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka dari India. Dari 20 relief ini, tinggal 19 relief yang sekarang masih ada.

Untuk menuju ke Candi Sojiwan ini bisa dengan membeli paket wisata Candi Prambanan – Plaosan – Sojiwan. Anda akan diantar untuk berkeliling 3 candi yang luar biasa. Candi Sojiwan ini terletak kurang lebih dua kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan,Candi ini telah rampung dipugar pada tahun 2011.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) berencana untuk melakukan pengembangan kawasan Candi Sojiwan untuk menjadi destinasi wisata yang dapat menarik banyak wisatawan.

“ Jadi kita melihat ini adalah konsep pengembangan desa wisata. Desa wisata kalau menurut kami, konsep kami, yang perlu pertama didorong itu adalah ekonominya. Ekonominya dulu harus berjalan, harus hidup. Makanya konsep kita disana nanti akan mendorong untuk dibentuk BUMDes untuk mengelola ekonominya dulu. Nanti setelah ekonominya itu bergulir, itu akan kita sentuh dengan satu hal lagi yang namanya estetika. Parwisata itulah estetika.” Kata Direktur Utama  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) Edy Setijono.

Lebih lanju Edy Setijono mengatakan akan mengaktifkan basis dan membungkusnya dengan estetika sehingga akan menjadi suatu destinasi wisata.

“ Aktivitas ekonomi atau aktivitas budaya yang dikemas dengan estetika itu bisa menjadi attraction pariwisata. Jangan dibalik, maka kalau ga ada wisatawannya aktivitasnya berhenti. Kita aktifkan dulu basisnya, kemudian kita bungkus dengan estetika, maka dia akan menjadi destinasi. Konsepnya kurang lebih akan seperti itu. Karena itu ada di kawasan Candi Sojiwan, kita berharap nanti orang – orang betul – betul kesana. Kita akan aktifkan ekonomi disana yang nanti bisa menjadi suatu daya tarik. “ terangnya.

Sumber TWC

Check Also

PAL Indonesia Melakukan Sea Acceptance Test Kapal Selam Alugoro-405

Upacara Hari Peringatan Armada Republik Indonesia (RI) Tahun 2019 digelar di Dermaga Ujung Koarmada 2 Surabaya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *