Home / Anak Perusahaan / The NextDev Telkomsel dan Universitas Padjadjaran Gelar Hackathon Perdana

The NextDev Telkomsel dan Universitas Padjadjaran Gelar Hackathon Perdana

The NextDev Telkomsel dan Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar hackathon perdana untuk memunculkan inovasi bagi pengembangan mahasiswa dan karier. Dengan tema ‘Innovations in Career Development’, ajang bertajuk RESPECTACULAR : UNPAD Hackathon Weekend ini diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2019 di Kampus Unpad Jatinangor, Soreang untuk memfasilitasi kolaborasi antara pelaku teknologi digital dan para developer aplikasi untuk mengembangkan produk digital baru yang dapat menjadi solusi inovatif di bidang pengembangan karir.

Hackathon ini berhasil melahirkan solusi digital inovatif bernama WorkaLoka yang diproyeksikan dapat berkontribusi terhadap pengembangan mahasiswa dan kariernya. WorkaLoka merupakan sebuah platform pemesanan career-based workshop/seminar sebagai media edukasi pelajar dan mahasiswa. Produk digital ini memungkinkan mahasiswa untuk memilih workshop, seminar, dan pelatihan di segala bidang sesuai minat dan cita-cita karier mereka.

General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, “Kolaborasi The NextDev Telkomsel bersama Unpad dalam Hackathon Weekend ini menantang para peserta untuk dapat menjawab kebutuhan dunia akademis akan pengembangan mahasiswa dan karier dalam jangka panjang. Dengan menghadirkan aplikasi yang dapat memberikan kualitas dan manfaat yang nyata bagi masyarakat akademis, seperti WorkaLoka, kami harap hackathon ini dapat pula turut memajukan sektor pendidikan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital telco company untuk membangun ekosistem digital di Indonesia.”

Pemenang UNPAD Hackathon Weekend ditentukan berdasarkan beberapa kriteria penilaian, mulai dari inovasi ide dan konsep, kreativitas dan desain aplikasi, nilai tambah atau manfaat bagi pengguna, penggunaan teknologi, manfaat bagi masyarakat akademis, hingga potensi implementasi aplikasi dalam 1-2 tahun ke depan. WorkaLoka sebagai produk digital terbaik berhak mendapatkan dana bantuan pengembangan aplikasi sebesar 100 juta Rupiah. Selain itu, Telkomsel bersama UNPAD dan Kejora Venture Capital juga menganugerahkan Honorable Mention Award dan dana pengembangan aplikasi sebesar 50 juta Rupiah untuk platform Nusantara yang menghubungkan BUMDes dengan talent lokal agar dapat tumbuh dan berkembang bersama.

UNPAD Hackathon Weekend berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, 100 peserta dengan berbagai keahlian akan dibagi menjadi 10 kelompok agar tercipta kolaborasi yang sinergis dalam membangun produk digital dari nol hingga tahap prototype atau minimum viable product (MVP). Selama kegiatan hackathon berlangsung, peserta mendapatkan pengajaran, bimbingan, dan konsultasi dengan beberapa mentor ahli di industri kreatif digital, seperti CEO Inagri Muhammad Shiddiq Azis, CEO iGrow Andreas Senjaya, dan Kejora Ventures Investment Officer Emil Reven. Pada hari kedua, setiap kelompok mempresentasikan prototype atau MVP yang mereka ciptakan kepada dewan juri yang terdiri dari mentor-mentor ahli tersebut, serta perwakilan manajemen UNPAD dan Telkomsel.

Kick-Off The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy 2019

Pada penghujung acara hackathon weekend ini, Telkomsel juga sekaligus mengadakan kick-off The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy 2019. Dengan semboyan ‘Making Social Impact through Technology’, The NextDev dirancang khusus untuk memperkuat dampak sosial yang dihasilkan oleh early stage startup dengan cara melengkapi kemampuan dan kapabilitas mereka dari segi bisnis, soft skill, dan hard skill, mulai dari skalabilitas, riset dan pengembangan, desain, branding, hingga model bisnis dan kualitas produk.

The NextDev Talent Scouting merupakan sebuah ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital. Program yang telah berlangsung selama lima tahun ini mewadahi potensi dan mendorong kontribusi positif generasi muda yang memanfaatkan teknologi secara tepat guna untuk berkreasi menghasilkan aplikasi digital yang mampu mengatasi masalah di masyarakat.

Sementara itu, The NextDev Academy 2019 merupakan sebuah ajang untuk mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup yang menjadi finalis The NextDev 2018. Dengan berpartisipasi dalam akademi ini, para peserta akan memperoleh insight yang tepat dan bermanfaat sehingga mampu mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif, sekaligus turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan komunitas pengembang aplikasi dan ekosistem digital berbasis aplikasi.

Sumber Telkomsel, edit koranbumn

Check Also

PLN Pastikan akan Evaluasi Proyek PLTU Mulut Tambang

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan akan melakukan evaluasi kembali atas sejumlah proyek Pembangkit Listrik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *