Home / Anak Perusahaan / The Role Of Transformation Leader in the Fourth Industrial Revolution

The Role Of Transformation Leader in the Fourth Industrial Revolution

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mengadakan  acara Special Leadership EXA PHE yang membahas tentang The Role Of Transformation Leader in the Fourth Industrial Revolution, di lantai 2, PHE Tower, Jakarta pada Rabu (20/2/2019).  Acara tersebut dibuka oleh Senior Vice President  Exploration Pertamina Ricardo Perdana Yudantoro.

Dalam sambutannya,  Yudantoro menjelaskan acara ini diadakan untuk memberikan cakrawala baru kepada insan PHE dan anak perusahaannya tentang arti leadership dari  Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng.

“Acara ini merupakan salah satu tools pengembangan pekerja dari sisi kepemimpinan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tanri berbagi pengalaman selama menjadi leader di berbagai perusahaan.

“Saat berbicara mengenai leadership, kita berbicara mengenai bagaimana cara untuk memimpin orang dan bagaimana seorang leader dapat mengubah krisis yang terjadi menjadi sebuah peluang, ” kata Tanri.

Di depan seluruh insan PHE dan anak perusahaannya, Tanri memberikan rumus leadership yang disebut Leadership 7S. Yaitu Strategy, Structure, System, Skill, Scale, Speed dan Simplicity.

Tanri menegaskan, seorang leader harus memiliki strategi kepemimpinan yang dapat membawa sebuah perusahaan berkembang dan berkelanjutan.

Leaders harus memiliki strategi yang selalu update dengan perkembangan zaman. Selain itu, ia juga harus mampu membangun dan membentuk struktur organisasi dan sistem kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,”  imbuh Tanri.

Ia menegaskan, seorang pemimpin harus bisa mengambil, mencoba dan mengembangkan berbagai opsi dalam mengambil keputusan.  Dengan demikian, ia akan mampu memilih dan menempatkan orang terbaik di bidangnya.  “Dan yang paling penting,  seorang pemimpin harus bisa memberikan solusi untuk permasalahan anak buahnya,” tambah Tanri.

Menurutnya, saat ini dunia bisnis sangat dinamis. Karena itu, transformasi yang dilakukan oleh Pertamina harus terus digaungkan. “Pemimpin yang efektif harus bisa melakukan transformasi dengan tepat sesuai dengan perkembangan bisnis. Kemampuan memimpin dalam perubahan tersebut sangat penting sekali bagi seorang leader,” tegasnya.

Hal yang sama diungkapkan Direktur Utama PHE Meidawati. “Pemimpin harus dapat membawa sekelompok orang untuk mencapai target perusahaan yang telah ditetapkan dan mampu memastikan semuanya dalam keadaan aman terkendali,” pungkasnya.

Sumber PERTAMINA, edit koranbumn

Check Also

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *