Home / Berita / Tiga Menteri Hadiri Pencanangan Industri Hilirisasi Batubara Bukit Asam

Tiga Menteri Hadiri Pencanangan Industri Hilirisasi Batubara Bukit Asam

Tiga menteri Kabinet Kerja RI menghadiri pencanangan industri hilirisasi batubara PT Bukit Asam (Persero) Tbk di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan.

Ketiga menteri tersebut yakni, Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Ignasius Jonan dan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto.

Diketahui, pencanangan industri hilirisasi batubara tersebut merupakan tindak lanjut dari Head of Agreement (HoA) yang antara PTBA dengan
stake holders terkair pada 2018 lalu.

Nantinya, hilirisasi batubara ini terwujud dalam bentuk gasifikasi batubara menjadi urea, dimethyl ether (DME) dan polypropylene.

Emiten tambang pelat merah itu akan bersinergi dengan BUMN lain yang terkait dengan penggunaan produk turunan batubara tersebut, yakni PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang untuk penggunaan urea.

Selanjutnya, PT Pertamina (Persero) untuk penggunaan DME yang merupakan hilirisasi emas hitam itu menjadi gas pengganti LPG. Dan, PT Chandra Asri Petrochemical di mana akan menggunakan gasifikasi batu bara menjadi polypropylene yang merupakan bahan baku untuk produk plastik.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

PLN Pastikan akan Evaluasi Proyek PLTU Mulut Tambang

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan akan melakukan evaluasi kembali atas sejumlah proyek Pembangkit Listrik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *