Home / Berita / TWC Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas

TWC Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas

Puluhan peserta yang terdiri dari karyawan PT TWC dari beragam satuan kerja mengikuti Pelatihan Peningkatan Produktivitas yang diadakan selama seminggu penuh. Pada kesempatan kali ini, para peserta tersebut diminta untuk mengimplementasikan nilai-nilai 5-S yang termaksud dalam upaya peningkatan produktivitas tenaga kerja.

Instruktur Pelatihan Peningkatan Produktivitas dari Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Joko Partono ini mengatakan bahwa program 5-S ini merupakan dasar dari program peningkatan produktivitas. “Pagi ini kita adakan kegiatan praktek implementasi 5-S. Kita benahi ruangan kerja, arsip-arsip dengan harapan ruang kerja menjadi rapi, tertib, teratur, aman dan nyaman.” Terangnya Joko.

5-S merupakan singkatan dari SISIH, susun, sasap, sosoh dan suluh. Dalam arti lain, lima nilai ini bisa berarti ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin.

Berdasarkan laporan World Economic Forum (WEF), index daya saing global Indonesia pada 2018 naik ke peringkat 45 dari peringkat 47. Selain itu, selama 2011-2017 produktivitas tenaga kerja di Indonesia terus meningkat. Pada 2017, produktivitas tenaga kerja di Indonesia tumbuh sebesar 2,89 persen, lebih cepat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 1,85 persen.

Meskipun secara global daya saing Indonesia meningkat, di tingkat ASEAN Indonesia masih kalah dari beberapa negara ASEAN lain. Daya saing Indonesia masih berada di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Indonesia hanya unggul dari Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, serta Laos.

sumber TWC, edit koranbumn

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *