Home / Berita / Unit Keramba Jaring Apung Bali, Satu-satunya Bisnis Budidaya Ikan di Laut yang Dimiliki Perum Perindo.

Unit Keramba Jaring Apung Bali, Satu-satunya Bisnis Budidaya Ikan di Laut yang Dimiliki Perum Perindo.

Divisi Budidaya Perum Perindo terus menciptakan terobosan dan inovasi agar unit Keramba Jaring Apung (KJA) Bali bisa memberikan kontribusi yang positif untuk perusahaan. KJA Bali di Singaraja ini merupakan satu-satunya bisnis budidaya ikan di laut yang dimiliki Perum Perindo.

Pasalnya dalam 3 tahun terakhir ini, bisnis budidaya ikan di KJA Bali selalu merugi karena pola panen yang cukup panjang di budidaya ikan keramba yaitu sekitar 10 bulan sampai 1,2 tahun.
Oleh karena itu, guna mengurangi biaya operasional setiap bulan, Divisi Budidaya KJA Bali mengembangkan usaha Aquatourism dengan dibukanya Sea Resto and Cafe. Pengunjung dimanjakan dengan menu-menu masakan spesial dan sambil bercengkerama bisa memberi makan ikan di karamba.

Bisnis ini menjadi daya tarik tersendiri karena lokasi yang ada di tengah laut dan disuguhi pemandangan paparan bukit dan gunung yang sangat indah merona.

Terobosan Budidaya Keramba akhirnya berhasil di awal semester 2019 ini di KJA Bali dengan diterapkannya System Clustering Budidaya Kerapu dan Baramundi dengan pola line Produksi 600, 800 dan 1000.

KJA Bali siap keluarkan panen ikan sesuai dengan line produksi sebanyak 1 ton per line nya. Keberhasilan System Clustering ini didukung juga oleh adanya perbaikan dalam manajemen pakan dan perawatan ikan sesuai dengan jenis ikan budidaya.

Monitoring jumlah pakan pelet, dan waktu pemberian pakan dicatat dan dikontrol dengan baik sehingga lebih mudah dalam evaluasi ke depan. Sistem informasi dan administrasi diterapkan rutin dan terintegrasi. Dengan begitu, akan ada data yang dapat segera dilakukan antisipasi dan tindakan preventif di lapangan. Semoga pola System Clustering ini menjadi jawaban dan model bagi bisnis Budidaya Keramba Jaring Apung.

Sumber Perumperindo, edit koranbumn

Check Also

Dirut Edy Setijono Memberi Arahan kepada 22 Mitra Usaha PKBL TWC

Direkrut Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) Edy Setijono memberi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *