Home / Berita / Upaya Pelindo III Turunkan Biaya Logistik Nasional

Upaya Pelindo III Turunkan Biaya Logistik Nasional

Ada banyak program Pelindo III dalam rangka menurunkan biaya logistik nasional untuk meningkatkan daya saing produk nasional antara lain, hari ini Direktur Utama Pelindo III Doso Agung meresmikan fasilitas shore connection di pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Upaya lainnya antara lain windows connectivity antara Pelabuhan di wilayah Pelindo III dengan Pelindo lainnya, transhipment domestik, penurunan biaya pandu di beberapa pelabuhan dan penerapan IBS-integrated billing system.

Shore connection adalah jaringan listrik dari darat untuk kapal yang bersandar di pelabuhan dan merupakan salah satu inovasi Pelindo III untuk melakukan penghematan energi, menekan emisi CO2 dan memberikan efisien di pelabuhan.

Fasilitas shore connection menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak menjadi sumber energi listrik . Pelindo III telah melakukan ujicoba shore connection di Tanjung Perak untuk kapal petikemas, dan kini uji coba kapal non petikemas di Semarang.
.
“Fasilitas shore connection dapat memberikan efisiensi biaya operasional bongkar muat curah kering sebesar 40% sekaligus mempercepat kegiatan bongkar muat yang semula 4-5 hari menjadi 3-4 hari” ungkap Dirut Pelindo III Doso Agung pada acara peresmian fasilitas layanan shore connection untuk kapal PT Pupuk Indonesia Logistik bersama Stafsus Bid II Kementerian BUMN di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 20 Juni 2019.

Sumber Pelindo III, edit koranbumn

Check Also

Pesan Presiden Jokowi ke Erick Thohir, “BUMN Ekspansi ke Pasar Modal”

Presiden Joko Widodo punya pesan khusus untuk menteri baru yang menangani Badan Usaha Milik Negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *