Home / Berita / Waskita Karya Telah Selesaikan Proyek Bendungan Gondang Karanganyar

Waskita Karya Telah Selesaikan Proyek Bendungan Gondang Karanganyar

PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor telah menyelesaikan Bendungan Gondang yang berlokasi di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Bendungan yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini diresmikan operasionalnya kemarin (2/4) oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Konstruksi Bendungan Gondang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk sejak tanggal 30 Mei 2014 dengan nilai kontrak Rp 595 miliar meliputi pekerjaan coverdam, inlet terowongan, outlet terowongan, bendungan utama, spillway, tower intake, landscaping, dan mekanikal elektrikal.

Bendungan Gondang yang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter3 dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku ibu kota Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen dengan debit 200 liter per detik bagi 200.000 jiwa, dan irigasi lahan pertanian seluas 4.680 hektar. Selain itu bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik mikrohidro 0,2 MW, destinasi wisata dan menjadi konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda.

“Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya dapat satu kali tanam setahun, diharapkan nantinya akan bisa 2-3 kali tanam“, ungkap Director of Operation III PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hary Suprayogi, Director of Operation III PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto, SVP Infrastructure 3 Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Aris Mujiono, dan VP Infrastructure 3 Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Norman Hidayat.

Sumber WaskitaKarya, edit koranbumn

Check Also

Perum Perindo Aktif Ciptakan Terobosan di Keramba Jaring Apung Bali

Divisi Budidaya Perum Perindo terus menciptakan terobosan dan inovasi agar unit Keramba Jaring Apung (KJA) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *