Home / Berita / Wisata De Loano, Wujud Sinergi Badan Otoritas Borobudur dan Perhutani.

Wisata De Loano, Wujud Sinergi Badan Otoritas Borobudur dan Perhutani.

Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna hadir dalam kegiatan launching wisata De Loano di Purworejo pada Kamis (14/2), yang dihadiri Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta Direktur Badan Otoritas Borobudur (BOB), Indah Juanita alam.

De Loano merupakan wisata yang dikelola Perhutani bekerjasama dengan BOB dan berlokasi di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Loano, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan atau secara administrasi di Desa Sedayu Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo.

Wisata De Loano menawarkan panorama hutan Pinus seluas 309 hektar dan dibangun dengan mengusung konsep Glamourus Camping atau Glamping untuk menarik investor dan wisatawan.

Di lahan yang asri dan sejuk, terdapat 11 tenda eksklusif yang terdiri dari satu buah mushola dan 10 tenda inap. Masyarakat setempat juga turut dilibatkan dalam pengelolaan lokasi wisata ini diantaranya melalui penampilan berbagai atraksi menarik di wisata De Loano.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan “De Loano merupakan hasil sinergi dalam bentuk kerjasama usaha antara Badan Otoritas Borobudur dan Perhutani. Ke depan harapannya lokasi ini dapat menjadi contoh lokasi wisata dengan konsep Glamping di Indonesia” ujar Arief.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Perhutani Denaldy M Mauna sangat mendukung kerjasama ini. “Ekowisata merupakan salah satu fokus Perhutani untuk dikembangkan. Kerjasama pengembangan De Loano ini adalah salah satu upaya kami dalam rangka pengembangan ekoturisme di Perhutani dan pariwisata Indonesia secara umum” jelas Denaldy.

Saat ini Perhutani tengah mengembangkan bidang ekowisata diantaranya membuka kurang lebih 641 objek wisata hutan, serta dalam meningkatkan pelayanan di bidang wisata, Perhutani juga telah meluncurkan standar pengelolaan objek wisata dengan nama Canopy.

Sumber Perhutani, edit koranbumn

Check Also

Siasati Ketergantungan PLTA, Kamboja Minati Pembangkit Listrik Apung Buatan PAL

 Kamboja tertarik pada pembangkit listrik apung buatan Indonesia untuk menyiasati ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *