Home / Berita / WMM 2018 Perkenalkan 28 Usahawan Muda Terbaik

WMM 2018 Perkenalkan 28 Usahawan Muda Terbaik

Bank Mandiri terus merealisasikan peran sebagai  agen pembangunan melalui penciptaan generasi muda kreatif dan inovatif. Kali ini, perseroan memperkenalkan 28 pelaku usaha muda terbaik, hasil penjaringan program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018. Mereka berasal dari beberapa kelompok usaha, yakni wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa; wirausaha Kreatif; wirausaha Boga; wirausaha Sosial serta kategori wirausaha Teknologi digital dan non digital.

Para usahawan muda terbaik tersebut diperkenalkan dalam penganugerahan penghargaan pemenang WMM 2018yang dilakukan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno serta disaksikan sejumlah menteri Kabinet Kerja, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Gubernur Jawa Timur Sukarwo, Rektor Universitas Brawijaya MalangProf Nuhfil Hanani serta ribuan mahasiswa di Kampus Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/9).

Menurut Rini M. Soemarno, program Wirausaha Muda Mandiri merupakan aktivitas berkelanjutan  untuk pengembangan ekonomi nasional yang nantinya selaras dengan pengembangan industri kreatif dan usaha kecil atau menengah (UKM) binaan dalam meningkatkan penetrasi pasar. Hal tersebut sejalan dengan program Kementerian BUMN, yakni Rumah Kreatif BUMN. Sehingga, perlu terus didukung agar dapat menciptakan lapangan kerja baru.

“Oleh karena itu, WMM dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) perlu terus disinergikan dan ditingkatkan, antara lain melalui keterlibatan alumni program WMM sebagai mentor pendamping mitra binaan di RKB,” ungkap Rini.

Sedangkan Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pelaksanaan program Wirausaha Muda Mandiri diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda, agar menjadi generasi pencipta lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan ekonomi negara. Untuk itu, peserta ajang WMM 2018 ini bukan hanya berasal dari kalangan mahasiswa aktif, namun juga pengusaha muda berlatar belakang non akademis yang potensial.

“Kami bangga dan turut bahagia karena setelah satu dekade pelaksanaan program ini, WMM dapat terus menuai respon positif dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan serta berhasil memberikan kontribusi yang signifikan pada upaya pemerintah untuk melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air,” ujar Kartika.

Pada tahun ini, tercatat 898 wirausaha muda menyerahkan dokumen pendaftaran dan profil usaha. Dari jumlah tersebut, 70 peserta lolos untuk mengikuti seleksi nasional, hingga terpilih 26 pemenang untuk seluruh kategori dan bidang usaha, serta masing-masing 1 orang pemenang kategori Best of The Best dan kategori terfavorit.

Selain gelar wirausaha muda terbaik, para jawara WMM 2018 tersebut juga berhak memperoleh hadiah uang pembinaan senilai total lebih dari Rp3 miliar, akses kepada berbagai skema pembiayaan di Mandiri Group serta program pendampingan dan pelatihan yang komprehensif guna mengoptimalisasi peluang usaha.

Sejak pertama kali digelar pada 2007, program WMM telah diikuti 36.000 pengusaha di seluruh Indonesia dan telah berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 45.000 individu. Diharapkan, para alumnus WMM juga bisa menjadi agen inspirator untuk mendukung penciptaan 1.000 digital start up dan program Rumah Kreatif BUMN.

Para jawara program WMM 2018 tersebut yakni,

Kategori Mahasiswa, tampil sebagai

Pemenang I Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa adalah Arnandiza Amirul Khadifa – Balon Kado

Pemenang II adalah Agus Wibowo – Agro Lestari Merbabu.

Pemenang I Bidang Usaha Boga diberikan kepada I Putu Agi Pratama – Umah Lokal

Pemenang II adalah Sentanah Limmase – Fermenation Indonesia

Lalu pemenang I Bidang Usaha Kreatif diberikan kepada Malinda Amalia – Linean

Pemenang II adalah Nabila – Batik Kanawa

Pada Bidang Usaha Sosial, pemenang I jatuh kepada Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)

pemenang II diberikan kepada M Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

Kemudian, pada kategori Bidang Usaha Teknologi Digital Pemenang I adalah Aditya Pratama Ghifary – Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi

Pemenang II adalah Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

Untuk Bidang Usaha Teknologi Non Digital Pemenang I adalah Alwy Herfian Satriatama – Majapahitech

Pemenang II adalah Aprial Syahputra – HerbalFoam

Sementara dari Kategori Non Mahasiswa, tampil sebagai Pemenang I Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa adalah Juwita – Golden Berry

Pemenang II adalah Reza Rizky Hermawan – Hermawan Propertindo Utama

Selanjutnya, pemenang I Bidang Usaha Boga diberikan kepada Endro Firdaus – GreenSmoothie factory

Pemenang II adalah Bintang Priyambodo – Papa Buncit

Lalu pemenang I Bidang Usaha Kreatif diberikan kepada Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong

Pemenang II adalah Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House

Untuk kategori Non Mahasiswa Bidang Usaha Sosial, pemenang I jatuh kepada Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia

dan pemenang II diberikan kepada Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

Untuk Bidang Usaha Teknologi Digital Pemenang I adalah Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin

dan Pemenang II adalah Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Engineering

Sedangkan pada kategori Bidang Usaha Teknologi Non Digital Pemenang I adalah Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology

dan Pemenang II adalah Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION

Selain itu untuk Digital Financial Technology Pemenang I adalah Adjie Wicaksana – Halofina – LPIK ITB

dan Pemenang II adalah Bong Defendy – Zend Money

Adapun kategori khusus pada kompetisi ini adalah kategori Best of The Best WMM 2018 diraih oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin dan kategori Finalis Terfavorit WMM 2018, direbut oleh Ardana Noor Octaviandi – Bolunesia pemenang Terfavorit adalah berdasarkan pilihan masyarakat melalui media sosial Facebook dengan Jumlah Like dan Share terbanyak yang telah diverifikasi keabsahannya oleh panitia dan yang telah dimulai sejak tanggal 06 September hingga 13 September 2018.

Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, SME, Micro, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal),Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services(asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance(jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe(treasury & financial institution) dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga Juni 2018, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.948 jaringan kantor, meliputi 2.633cabang dan 2.315 jaringan mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 17.404 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14.000.

Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses  melalui www.bankmandiri.co.id

Check Also

BNI Sudah Realisasikan Penyaluran KUR Melampaui Separuh Target 2019

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp9,5 triliun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *