Home / Berita / Wujud Pengembangan Industri Pertahanan Diresmikan Pabrik Fuze Bomb dan Pabrik Spherical powder

Wujud Pengembangan Industri Pertahanan Diresmikan Pabrik Fuze Bomb dan Pabrik Spherical powder

Pabrik baru yang saat ini dibangun DAHANA adalah Pabrik Fuze Bomb. Sebuah fasilitas produksi bomb untuk melengkapi industri pertahanan. Sebelumnya pada Maret 2018 DAHANA telah membangun dan meresmikan Pabrik TNT Filling, fasilitas industri bom P100 Live untuk pesawat tempur Sukhoi TNI AU. Salah satu kompenen bomb P100 Live adalah Fuze Bomb yang berfungsi menginiasi ledakan bomb. “Sebelumnya untuk memproduksi bomb P 100 Live, Fuze bombnya kita import. Namun mulai tahun ini, kita sudah mampu memproduksi sendiri,” ujar Budi Antono.

Pabrik Fuze Bomb dibangun berdekatan dengan pabrik TNT Filling. Dalam pembangunan Pabrik Fuze Bomb ini, DAHANA bekerjasama dengan perusahaan asal Bulgaria, Armaco JSC. “Untuk memiliki industri Fuze Bomb kita menggandeng Armaco Bulgaria dengan sistem Transfer Of Technologi (TOT), dan nantinya pabrik ini mampu memproduksi fuze sebanyak 200 sampai 300 Pcs per hari,” terang Budi Antono.

Kemudian, ada juga fasilitas penunjang industri militer lainnya yang ikut serta dibangun dan diresmikan yakni Sarana dan Prasarana Pabrik Spherical Powder. Spherical Powder merupakan jenis propelan double base yang terdiri dari Nitrogliserin dan Nitroselulosa yang digunakan sebagai pendorong peluru atau munisi caliber kecil.
Spherical powder merupakan bagian dari rencana besar Industri Propellan yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam 7 project nasional untuk kemandirian alutsista. Sarana dan prasarana Pabrik Spherical powder yang diresmikan ini terdiri dari gedung pelayanan dan labolatorium, water treatment plant, dan power plant.

Pabrik ini dibangun untuk melengkapi Pabrik Nitrogliserin yang sudah diresmikan sebelumnya oleh Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu.

Sumber DAHANA, edit koranbumn

Check Also

JPPI Selenggarakan Risk Maturity Level Assesment

Divisi Manajemen Risiko PTJasa Peralatan Pelabuhan Indonesia ( JPPI ), anak usaha Pelindo II selenggarakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *