Home / Berita / Wujud Tanggung Jawab Sosial ANTAM, Membangun Fasilitas Olahraga di Halmahera Timur

Wujud Tanggung Jawab Sosial ANTAM, Membangun Fasilitas Olahraga di Halmahera Timur

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) dengan bangga mengumumkan bahwa Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Bambang Gatot Ariyono meresmikan tribun lapangan    sepakbola Fermento Buli Halmahera Timur berkapasitas 500 orang pada 26 Februari 2019. Hal itu ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Anggota Komisi VII DPR RI, Tjatur Sapto Edy dan Asisten Daerah III Kabupaten Halmahera Timur, Thamrin Bahara. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ANTAM di Halmahera Timur.

Direktur Utama ANTAM, Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan:

“Kami sangat berbangga telah menyelesaikan pembangunan fasilitas olahraga di Buli Halmahera Timur. Program ini merupakan wujud refleksi atas komitmen ANTAM pada pemenuhan tanggung jawab sosial Perusahaan. Pembangunan fasilitas olahraga ini merupakan salah satu komponen program Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan yang diantaranya berorientasi untuk menyediakan layanan sosial dasar bagi masyarakat yakni pembangunan infrastuktur pendidikan, kesehatan, penunjuang ekonomi, sosial budaya, olahraga, kebencanaan dan fasilitas umum.”

Lapangan sepakbola Fermento telah dibangun oleh ANTAM sejak tahun 2016. Proses pelaksanaan program PPM ini bersifat multiyears dan kini masyarakat dapat memanfaatkan tribun berukuran 28m x 4m tersebut untuk meningkatkan kualitas olahraga maupun penggunaan lainnya.

Dalam melaksanakan program PPM, ANTAM melakukan pendampingan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta berorientasi kepada penguatan ekonomi. Dalam rangkaian peresmian fasilitas olahraga, Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono juga meninjau program PPM unggulan diantaranya produk Kopi Buli dan Teri Monge.

Kopi Buli merupakan program pengembangan kopi robusta yang diinisiasi ANTAM dan masyarakat tahun 2017 dan satu-satunya di Halmahera Timur. Pada tahap inisiasi, kebun seluas 89 hektar mampu memproduksi sekitar 39 kg bijih kopi. Pada tahun 2018 produksinya meningkat 517% menjadi 241 kg dan kini terus berupaya memenuhi permintaan bijih kopi di tingkat provinsi.

Sedangkan produk olahan ikan Teri Monge, ANTAM bersama masyarakat melakukan peningkatan kualitas tangkapan ikan, diversifikasi produk olahan serta membentuk koperasi untuk memperluas pasar. Kini produk olahan Desa Samarake tersebut telah mampu mengolah ikan teri crispy, sambal teri, dendeng ikan dan amplang produk lain. Produk-produk tersebut telah dipasarkan ke beberapa pusat perbelanjaan di Buli termasuk di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate.

Program PPM lainnya yang dikunjungi Dirjen Minerba adalah School Development Program (SDP). Program SDP berhasil membangun sistem yang memungkinkan sekolah melaksanakan proses belajar mengajar secara dua arah. Kepala Sekolah sebagai pimpinan organisai melaksanakan seluruh proses pendidikan berdasarkan standar nasional sedangkan warga sekolah lainnya turut berpartisipasi dengan memberikan ide dan gagasan dalam menentukan program kerja sekolah yang baik.

Sumber ANTAM, edit koranbumn

Check Also

KAI Raih Apresiasi Penghargaan Pada Anugerah Manajemen Informasi Arus Mudik 2019

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekjen Kominfo Niken Widiastuti, dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *