Home / Berita / Wujudkan Teh PTPN IV Menjadi Kebanggaan Dunia

Wujudkan Teh PTPN IV Menjadi Kebanggaan Dunia

“Saya meninjau lapangan dan pabrik teh pada akhir tahun 2017 yang lalu, dan saya lihat produksi Daun Teh Basah (DTB) yang masuk ke Pabrik Teh PTPN IV Bah Butong yang pucuk tehnya belum seragam, serta ada beberapa gulma yang terikut”

Hal ini harus dibenahi dan itulah sejak Maret 2019 PTPN IV sedang melakukan recovery tanaman teh dataran tinggi, dan pembenahan dengan didampingi oleh pak Odih Sucherman seorang yang ahli di dibidang teh, demikian disampaikan Direktur Utama PTPN IV Siwi Peni, seusai melakukan pemetikan daun teh di Afdeling II PTPN IV Kebun Tobasari, Selasa 25/6/2019.
.
Di bagian lain, Siwi Peni melihat selama sepuluh tahun terakhir ini komoditi teh yang dikelola perusahaan masih merugi. Sementara tanaman teh di PTPN IV merupakan heritage daerah Kabupaten Simalungun mulai dari sejarah, rasa dan aromanya. Sehingga mutlak Kebun Teh PTPN IV harus menjadi kebanggaan nasional dan dunia. Proses bisnis komoditi teh ini harus konsisten dan diikuti dari hari ke hari agar terjaga kualitas dan kuantitasnya.

Siwi Peni juga mengatakan PTPN IV ditargetkan untuk menghasilkan laba agar ikut berperan di negara RI ini, diharapkan dapat senantiasa menyumbangkan deviden dan pajak kepada negara, berperan dalam pemberian lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan, serta mempertahankan kelangsungan perusahaan. Kepada masyarakat sekitar, sebagian laba perusahaan akan disalurkan melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan serta Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mensejahterakan masyarakat sekitar perusahaan.

Siwi Peni dalam sambutannya mengajak ke seluruh karyawan unit teh, mari kita luruskan niat bahwa bekerja itu sebagai ibadah, bukan sekedar mendapatkan uang. Ada perubahan budaya yang saat ini dilakukan dari proses menanam, memelihara, memanen dan menangani hama dan penyakit. Dan itu tidak mudah dilakukan setelah berpuluh-puluh tahun. Oleh karena itu hanya kecintaan terhadap unit teh PTPN IV yang akan membuat semua perubahan itu menjadi ringan.

Sumber PTPN IV, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *