Home / Berita / Zahwa Rahmawati Fairus, Inspirasi Penyandang Disabilitas Tunarungu Binaan Rumah Kreatif BNI

Zahwa Rahmawati Fairus, Inspirasi Penyandang Disabilitas Tunarungu Binaan Rumah Kreatif BNI

Keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk berkarya. Itulah yang dibuktikan Zahwa Rahmawati Fairus, penyandang disabilitas tunarungu yang menekuni usaha membantik sejak setahun lalu. Gadis berusia 13 tahun ini bisa duduk seharian penuh menggambar motif batik di rumahnya. Selain di rumahnya, Zahwa juga sesekali bolak-balik melakukan aktivitas mencanting di Koperasi Kombas (Komunitas Batik) yang merupakan produsen asli batik Kota Bekasi. .

“Batik hasil cantingan Zahwa ini sudah banyak dipakai di Bekasi, terutama pegawai-pegawai Pemkot Bekasi. Pasarnya masih di sekitar Bekasi, sudah banyak pesanan dari beberapa pihak,” ujar Yati Rusmiati, ibu Zahwa ditemui di RKB BNI di Inacraft 2019, Senayan, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Zahwa sempat menggeluti pelatihan membatik selama beberapa bulan. Dirinya membebaskan Zahwa membuat motif sesuai inisiatifnya sendiri. Beberapa motif anyar bisa dikreasikan Zahwa dari pakem-pakem motif batik khas Bekasi. Zahwa sendiri satu dari sekian banyak pembatik difabel yang berkarya di Kombas.

Batik-batik goresan tangan anak-anak muda ini ditampung dalam koperasi dan dipasarkan secara komunal baik secara online maupun penjualan langsung di toko yang sekaligus jadi workshop yang berada di salah satu ruko di Bekasi Town Square. “Dari BNI sendiri cukup membantu lewat RKB. Untuk promosi batik Bekasi sangat terbantu karena bisa beberapa kali ikut pameran-pameran UMKM dari BNI,” ungkap Sri.

Sumber Kementerianbumn, edit koranbum

Check Also

BTN Klaim Kinerja Memasuki Kuartal III/2019 Masih Solid

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengklaim kinerja perseroan tetap solid memasuki kuartal III/2019. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *