Home / Berita / 18 Proyek TOD Sepanjang Proyek LRT Jabodebek.

18 Proyek TOD Sepanjang Proyek LRT Jabodebek.

Manajemen PT Adhi Karya Tbk menyebutkan akan ada 18 proyek Transit Oriented Development (TOD) sepanjang proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Proyek ini merupakan perpaduan antara layanan transportasi publik dan hunian yang terintegrasi.

Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto, mengatakan sebagian lokasi yang rencananya akan dibangun proyek TOD antara lain seperti di wilayah Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

“Ada 18 lokasi, diantaranya Cibubur kemudian Ciracas, Terminal Kampung Rambutan, TMII, Cawang, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Batu Cempaka, Bekasi Barat dan Bekasi Timur,” kata Budi Harto saat ditemui awak media di Jakarta Timur, Jumat (29/3).

Hingga 22 Maret 2019, progres pekerjaan LRT Jabodebek secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen. Rinciannya yakni progres untuk Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur sudah mencapai 79,69 persen.

Sementara pengerjaan pada lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas pengerjaannya sudah mencapai 47,95 persen dan Lintas Pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sudah 53.84 persen.

Budi melanjutkan, salah satu kendala dalam pengerjaan proyek LRT Jabodebek yakni terkait masalah pembebasan lahan, khususnya di kawasan Kabupaten Bekasi yang hingga kini masih sekitar 53 persen.

Meski demikian, pihaknya optimistis pembebasan lahan di kawasan Bekasi segera rampung. “Insyallah dalam waktu tidak lama lagi akan kami selesaikan,” katanya.

Adapun uji coba LRT tahap pertama akan mulai dilakukan pada Juli 2019. Uji coba hanya dilakukan untuk Lintas I Cibubur-Cawang sepanjang 14,89 kilometer (km). Saat ini perseroan telah menyelesaikan 3 jembatan panjang atau longspan di lintas I.

“Pada Juli, pada jalur Cawang-Cibubur ini ada kereta yang sudah bisa uji coba. Jadi akan bertahap dengan apa yang Adhi perlukan,” katanya.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

BSN Memberikan Apresiasi atas Komitmen Pupuk Kaltim Terapkan SNI

Sejumlah produk dan inovasi PT Pupuk Kaltim (Persero) yang berbasis teknologi dipamerkan dalam rangkaian peringatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *