Home / Berita / 19 Hasil Penelitian di Bidang Perkebunan Karya Empat Ahli Peneliti dari Pusat Penelitian PTPN XI

19 Hasil Penelitian di Bidang Perkebunan Karya Empat Ahli Peneliti dari Pusat Penelitian PTPN XI

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI siap mengkaji 19 hasil penelitian di bidang perkebunan yang dilakukan oleh empat ahli peneliti dari pusat penelitian PTPN XI yang dilakukan selama kurun dua tahun terakhir, yakni 2017-2018.

Direktur Operasional PTPN XI, Daniyanto dalam keterangan persnya di Surabaya mengatakan, kajian akan dilakukan untuk menentukan hasil riset yang bisa diterapkan di lapangan.

Diharapkan, sinergi hasil riset agroindustri gula ini nantinya bisa diwujudkan dalam upaya pencapaian swasembada gula nasional.

Kepala Urusan Penelitian PTPN XI, Nanik Tri Ismadi mengatakan usai melakukan penelitian dilakukan Pertemuan Teknis Sosialisasi Hasil Penelitian PTPN XI di Gedung milik Pusat Penelitian & Perkebunan Gula Indonesia (P3GI)

Pertemuan yang telah dilakukan di Pasuruan itu, juga mengundang civitas akademika, pelaku agroindustri gula di Indonesia, BUMN dan swasta, serta lembaga riset perkebunan (Balitas).

Ia berharap, sinergi ini bisa memunculkan harmonisasi riset dalam rangka memajukan industri gula, dan memberikan manfaat besar bagi kebangkitan dan kemajuan industri gula kedepan.

Kepala Bidang Tanaman Semusim Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Hani Muhardiono mengapresiasi pertemuan setelah riset itu, dan berharap agar kelompok petani tebu juga turut diundang dalam kegiatan tersebut.

“Saya mengapresiasi acara ini karena ini sangat penting untuk perkembangan pergulaan. Semoga hasil penelitian ini bisa meningkatkan produktivitas kebun,” katanya.

Sementara itu, empat peneliti yang menghasilkan 19 hasil penelitian itu masing-masing Agus Heri Wahyudi, dengan salah satu penelitiannya mengenai pupuk majemuk NPK organik hayati pada tanaman tebu di kebun PUSLIT Sukosari.

Kemudian Basuki meneliti pengaruh penggunaan dosis pemupukan dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu, lalu peneliti Deni Bagus Surendra yang meneliti perbandingan jumlah populasi varietas VMC 86-550 dengan varietas control yang berpengaruh terhadap produktivitas.

Dan terakhir Karina Inassyiva Rosmala yang menghasilkan penelitian uji kualitas dan kelayakan usaha papan partikel dari ampas tanaman tebu dengan perekat plastik PP dan asam sitrat.

Sumber Antar, edit koranbumn

Check Also

Menteri Rini M Soemarno Apresiasi Perkembangan Proyek yang Dikerjakan Krakatau Steel

Kunjungan Menteri BUMN Rini M. Soemarno kemarin masih membekas kepada insan Krakatau Steel. Menteri Rini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *