Home / Berita / 21 Tahun Kementerian BUMN (17) : Bank Mandiri Goes To Campus di Universitas Riau, Dihadiri Menteri BUMN

21 Tahun Kementerian BUMN (17) : Bank Mandiri Goes To Campus di Universitas Riau, Dihadiri Menteri BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menghadiri acara BUMN Goes to Campus dalam rangkaian HUT ke-21 Kementerian BUMN yang selenggarakan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Aula Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Selasa (19/3/2019).

Pada acara ini, Menteri Rini didampingi jajaran pejabat Kementerian BUMN dan para direksi BUMN. Para peserta yang hadir pagi ini ada sekitar 2.500 mahasiswa. Saat memberikan sambutan, Menteri Rini mengaku merasakan semangat dan rasa optimistis saat masuk ke aula yang dipenuhi oleh para mahasiswa.

“Saya bersyukur dapat berkumpul bersama adik-adik mahasiswa di sini, karena saya bisa merasakan energi dan optimisme yang luar biasa dari kalian semua untuk membawa Indonesia menjadi lebih maju di masa datang. Apalagi kedatangan saya dalam rangka HUT ke-21 Kementerian BUMN,” kata Menteri Rini di acara BUMN Goes to Campus di Pekanbaru, Riau, Selasa (19/3/2019).

Menteri Rini lalu menjelaskan, saat ini Kementerian BUMN mempunyai 143 perusahaan yang saat ini sedang menggelar sejumlah kegiatan sosial dan program menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN pada 13 April 2019.

Rangkaian ulang tahun itu mengambil tema ‘One Nation One Vision One Family to Excellence’. Menteri Rini menjelaskan tema tersebut memiliki makna bahwa BUMN senantiasa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negeri dan menjadi agent of development.

Serta terus mendorong BUMN menjadi pemain dunia, di mana beberapa perusahaan negara seperti Garuda Indonesia, Freeport dan Inalum saat ini telah menjadi pemain kelas dunia.

“Alhamdulillah, dengan konsistensi, kerja keras dan kerja cerdas seluruh jajaran BUMN, Saat ini menjelang usia ke-21, BUMN memiliki perusahaan negara yang jumlahnya sebanyak 143 perusahaan semakin berkembang, professional dan siap membangun Indonesia yang lebih maju,” ucap dia.

Menteri Rini menjelaskan, kondisi BUMN selama 4 tahun terakhir kini semakin kuat dan kokoh seiring dengan kinerja yang terus bertumbuh sebagaimana laporan kinerja BUMN sepanjang tahun 2018. Sampai dengan 31 Desember 2018, total aset BUMN telah menembus angka Rp 8.092 triliun, naik signifikan dari capaian 2015 lalu sebesar Rp 5.760 triliun dengan total laba yang terus bertumbuh mencapai Rp 188 triliun dari sebelumnya Rp 150 triliun pada tahun 2015.

Kontribusi BUMN terhadap APBN pun melonjak menjadi Rp 422 triliun, naik Rp 119 triliun jika dibandingkan tahun 2015 yang tercatat Rp 303 triliun. Besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan infrastruktur terlihat dari capex BUMN yang meningkat sepanjang 2018 yakni Rp 487 triliun, meningkat dari sebelumnya Rp 221 triliun pada tahun 2015 dengan tetap didominasi oleh sektor infrastruktur.

“BUMN harus bisa tumbuh besar dan bertahan hingga 100-200 tahun yang akan datang sehingga bisa diestafetkan kepada generasi mendatang dalam kondisi sehat. Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN,” ungkap Menteri Rini.

Pada BUMN Goes to Kampus, juga dibuka kelas kreatif, program magang mahasiswa dan aktivitas lainnya. Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar menyambut gelaran acara BUMN Goes to Campus di Riau.

“Kedatangan Ibu Menteri yang membuat acara BUMN Goes to Campus bersama Bank Mandiri kami ucapkan terima kasih. Kami sangat senang atas kehadiran Ibu dan rombongan,” tutur Syamsuar.

Pada acara BUMN Goes to Campus ini dimeriahkan dengan kuis yang diadakan oleh Menteri Rini. Kemudian dimeriahkan oleh Ria Ricis, Zivanna Letisha dan para millenial BUMN.

Sumber KementerianBUMN, edit koranbumn

Check Also

Kemenhub Serahkan Pengelolaan dan Operasional Tiga Bandara ke BUMN

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan pengelolaan tiga bandara kepada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *