Home / Berita / Segmen dan Aturan Debat Cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno

Segmen dan Aturan Debat Cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno

Debat cawapres yang merupakan putaran ketiga debat Pilpres 2019 akan menghadapkan cawapres no urut 01 Ma’ruf Amin dan  cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Debat cawapres akan berlangsung dalam 6 segmen.

Pada debat ketiga ini Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno akan beradu gagasan tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

Secara keseluruhan, tidak ada yang berbeda antara format acara debat ketiga dan kedua. Di segmen pertama masing-masing peserta akan memaparkan visi misi sesuai tema. Mereka diberi waktu selama 4 menit.

Segmen kedua diawali dengan perkenalan 9 panelis yang bertugas membuat soal. Mereka memberi kotak berisi amplop pertanyaan yang tersegel kepada moderator.

Di sini, Sandi akan menjawab lebih dulu pertanyaan pertama dengan isu pendidikan. Kemudian Ma’ruf juga diminta menjawab soal pertama. Setelah itu keduanya saling memberi tanggapan.

Pertanyaan kedua sistemnya sama. Topik yang dibahas adalah kesehatan. Kali ini Ma’ruf menjawab lebih dulu. Total durasi adalah 22 menit.

Segmen ketiga membahas ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Formatnya sama seperti segmen kedua. Waktu yang diberikan pada sesi ini adalah 19 menit.

Sesi lanjutnya adalah debat eksploratif. Di sini moderator mempersilakan Sandi bertanya lebih dulu kepada lawannya. Pada babak kedua gantian Ma’ruf yang bertanya. Durasi yang diberikan adalah 18 menit.

Segmen kelima tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Ma’ruf sebagai peserta nomor urut 01 bertanya lebih dahulu. Babak selanjutnya sebaliknya. Waktu pada segmen ini 18 menit.

Segmen terakhir masing-masing peserta debat diberikan kalimat pamungkas sebagai penutup debat.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

DAHANA Selenggarakan Program Bina Lingkungan Pengobatan Gratis untuk 1.000 Warga

Untuk membuktikan kepedulian terhadap masyarakat, sekaligus wujud BUMN Hadir untuk Negeri, PT DAHANA (Persero) melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *