Home / Berita / Waskita Karya Partisipasi dalam Autodesk Forum Indonesia 2019

Waskita Karya Partisipasi dalam Autodesk Forum Indonesia 2019

Waskita Karya berpartisipasi dalam acara Autodesk Forum Indonesia 2019 yang diadakan oleh Autodesk Asia Pte Ltd bertempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (10/7)

Di dalam acara yang bertemakan AEC Track: “Construction of the Future”, turut hadir Insan Waskita yaitu Waskita Taufiq Imam Hidayat (BIM Infrastructure Expert – System, Technology and Research Division) yang bertindak sebagai speaker dan mempresentasikan perjalanan Implementasi BIM dan digitalisasi konstruksi yang telah dimandatkan menyeluruh untuk diterapkan dalam lingkungan Waskita.

Hadir juga Kharis Alfi (BIM Manager – System, Technology and Research Division) yang bertindak sebagai keynote speaker dalam diskusi panel “Future of Work” bersama dengan Bapak Bambang Tri Soepandji (Technical Director dari PT Mobil Anak Bangsa). Panel diskusi ini berbicara mengenai trend dan masa depan penerapan teknologi dan IoT dalam dunia konstruksi, bercermin kepada penerapan teknologi dalam manufaktur utamanya dalam produksi kendaraan roda empat yang saat ini sudah memanfaatkan robot dalam prosesnya.

Taufiq Imam Hidayat menjelaskan tentang teknologi konstruksi di Waskita. Meliputi dari, penggunaan HoloLens sebagai media koordinasi BIM model secara hologram, penggunaan UAV Drone sebagai alat ukur dan alat bantu untuk mendapatkan data topografi secara cepat atau sering disebut metode fotogrametri, dan penggunaan Terrestrial Laser Scanning (TLS) sebagai alat ukur detail untuk mendapatkan data point cloud.

HoloLens merupakan teknologi Mixed Reality Smartglasses. Sensor kontrol yang digunakan pada alat ini menggunakan gesture voice dan gesture tubuh berupa bloom, tap, ready, drag dan hold. Dalam penerapannya di dunia AEC (Architecture, Engineering and Construction) HoloLens digunakan sebagai media komunikasi dan koordinasi digital. BIM model yang sudah dibuat dapat di-export ke kacamata ini dan tampilannya seperti hologram. Akan tetapi, ketika kita menggunakan alat ini kita masih dapat melihat environment sekitar, tidak seperti VR (virtual reality). Dalam penggunaannya, Waskita menggunakan alat ini ketika tender, ataupun meeting dengan owner.

 

Check Also

Teladani Rasulullah, Pupuk Kujang Santuni 200 Anak Yatim

Teladani Rasulullah, PT Pupuk Kujang santuni 200 anak yatim sekitar perusahaan dalam memperingati Maulid Nabi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *