Home / Berita / ADHI Kerjakan Proyek Pembangunan PLBN Entikong Tahap II

ADHI Kerjakan Proyek Pembangunan PLBN Entikong Tahap II

Aktivitas ekspor dan impor Indonesia-Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu, Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat terhalang bukit.

Untuk itu pemerintah melakukan pemotongan bukit agar tersedia ruang jalan aspal keluar ke Malaysia, sebagai konektivitas jalan akses PLBN Entikong.

Sebagai infromasi, bukit berada di pintu perbatasan kedua negara, yakni di pintu terdepan PLBN Entikong. Bukit ini berupa tumpukan tanah dan batu yang menjulang kurang lebih 20 meter. Dengan adanya pemotongan bukit di kedua teritorial, maka posisi bangunan kargo di PLBN dapat lurus dengan CIQS Malaysia.

Sementara itu, tidak hanya melakukan pemotongan bukit, pemerintah juga melakukan pembangunan sekitar PLBN Entikong, mengingat PLBN Entikong merupakan ikon dan pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan tersebut. ADHI ditunjuk dalam pembangunan PLBN Entikong tahap II dengan Kerja Sama Operasi bersama Hutama Karya. Adapun total anggaran pembangunan ini mencapai RP 421 miliar.

Kini, pembangunan kawasan Entikong terdapat pekerjaan Pengembangan Zoan Sub Inti dan Pendukung PLBN Entikong. Luas kawasan yang dikembangkan berupa zona sub inti yakni gedung karantina kesehatan dan kantor, mess pegawai, masjid, car wash, mobile x-ray. Lalu, untuk zona pendukung meliputi pasar tradisional, wisma Indonesia,convenience store (toserba), food court, parkir kendaraan, dan plaza Entikong (Ruang Terbuka Hijau).

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Digitalisasi Pembayaran, BNI Fasilitasi Hak Tanggungan Secara Online

Kini proses pengurusan Hak Tanggungan dapat dilakukan secara online. Kemudahan proses tersebut dibarengi dengan digitalisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *