Home / Berita / Angkasa Pura Airports Berbagi Best Practise Layanan Bandara dalam forum Customer Experience Global Summit 2019

Angkasa Pura Airports Berbagi Best Practise Layanan Bandara dalam forum Customer Experience Global Summit 2019

Angkasa Pura Airports menjadi salah satu pengelola bandara yang dijadikan referensi terkait best practice pelayanan bandara oleh puluhan operator bandara dunia. Angkasa Pura Airports akan berbicara di depan puluhan delegasi pengelola bandara dunia mengenai pentingnya inovasi dalam menentukan keunggulan kompetitif dan memberikan pelayanan pelanggan yang unggul.

Hal itu akan dilakukan Angkasa Pura Airports dalam forum Customer Experience Global Summit 2019 yang akan diselenggarakan di Bali pada 2-5 September 2019 mendatang. Pertemuan prestisius pengelola bandara tingkat dunia ini akan membahas mengenai topik-topik utama terkait pelayanan untuk mengeksplorasi penciptaan pengalaman pelanggan oleh seluruh komunitas pengelola bandara dan mendapatkan perspektif yang lengkap dari setiap proses pelayanan bandara yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa bandara.

“Kami bangga telah ditunjuk ACI World sebagai penyelenggara acara prestisius terkait pelayanan di komunitas pengelola bandara dunia Customer Excellence Global Summit tahun ini seiring dengan komitmen kami pada customer service excellence dan dipercaya untuk membagikan pengalaman kami dalam mengelola layanan pelanggan bersama dengan Bandara Linate Milan, Bandara San Antonio dan Bandara Sydney di sesi 4 acara Summit Day 1 4 September mendatang,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura Airports Devy Suradji.

Angkasa Pura Airports, lanjut Devy Suradji, juga bangga karena seluruh pengelola bandara dunia yang menjadi anggota ACI World antusias untuk belajar dari pengalaman Angkasa Pura Airports, satu-satunya pengelola bandara di Indonesia yang berkesempatan membagikan best practice dalam mengelola pengalaman pengguna jasa bandara di Indonesia.

Untuk mengukur tingkat kesuksesan pelayanan pelanggan, pengelola bandara dapat berpartisipasi pada Airport Service Quality (ASQ) Programme di mana di dalamnya terdapat berbagai macam program untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa suatu bandara, termasuk di dalamnya terdapat program penghargaan bagi pengelola bandara dengan tingkat kepuasan pelanggan tinggi.  Namun, bagi Angkasa Pura Airports,  berpartisipasi pada ASQ Programme bukan semata untuk memenangkan penghargaan, namun lebih jauh partisipasi ini merupakan program benchmarking berharga yang mendorong Angkasa Pura Airports untuk menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik lagi.

“Layanan pelanggan yang unggul merupakan proses berkelanjutan yang harus diiringi oleh komitmen, konsistensi, dan termonitor dengan baik pada setiap tingkat hirarki organisasi kami. Semua ini tentang mengelola ekspektasi pelanggan internal dan eksternal di tengah lingkungan bisnis aviasi yang semakin dinamis belakangan ini,” lanjut Devy Suradji.

Satu Komunitas Pengelola Bandara, Banyak Perjalanan Penumpang

Pertemuan Customer Experience Global Summit 2019 nanti akan diselenggarakan dengan tema “Satu Komunitas Pengelola Bandara, Banyak Perjalanan Penumpang” (One airport community, many passenger journeys’) dan akan menyajikan pembicara seperti Founder and Managing Director TRACE Consulting Vimal Rai, AIA Managing Principal BenL Consukting International Ben Lao, dan tokoh industry aviasi dunia lainnya.

“ACI Customer Experience Global Summit membawa pemimpin dan ahli di industri bandara dunia dari setiap regional untuk mendiskusikan pentingnya tren industri dalam hal pengalaman pelanggan,” kata Director General ACI World Angela Gittens.

Bandara sendiri saat ini sudah merupakan suatu destinasi, menawarkan kepada pelanggan pengalaman yang unik melalui proses perjalanan mereka di bandara. Pertemuan Customer Excellence Global Summit tahun ini akan mengeksplorasi bagaimana pengelola bandara dapat bekerja dengan partnernya dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan setiap touch point menyediakan pengalaman positif bagi pelanggan.

Berbagai topik yang akan dibahas pada pertemuan ini nantinya terkait: mengelola kepuasan pelanggan pada era disrupsi, akreditasi pengalaman pelanggan, mengelola pertumbuhan sekaligus pengalaman pelanggan, memfasilitasi perjalanan bagi semua,  memastikan hasil, dan “satu bandara, banyak perjalanan penumpang”.

Sebagai informasi, ACI Customer Experience Global Summit akan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu hari pelatihan pada 2 September yang berfokus pada implementasi dan manajemen ASQ Survey, ASQ Forum yang menyediakan temuan dan pelajaran utama dari ASQ Programme pada 3 September, Customer Excellence Global Summit pada 4-5 September, dan Gala Dinner serta malam penganugerahan tahunan ASQ Awards pada 5 September.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara 2nd ACI Customer Experience Global Summit 2019, Anda dapat mengunjungi situs microsite https://customerex.aci.aero.

Sumber AP1, edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Paparkan Lima Strategi Perkuat Industri Halal di Indonesia

Bank Indonesia (BI) menyampaikan lima strategi ke depan untuk memperkuat industri halal di Indonesia agar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *