Home / Berita / ANTAM Fokus Realisasikan Proyek Hilirisasi pada Semester 2/2019

ANTAM Fokus Realisasikan Proyek Hilirisasi pada Semester 2/2019

PT Aneka Tambang Tbk masih mengawal beberapa proyek hilirisasi pada semester dua tahun ini.

Antam ini memiliki beberapa proyek hilirisasi salah satunya dengan membangun Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Kami harapkan bisa melakukan groundbreaking di semester II tahun 2019,” ungkap Direktur Utama ANTM Arie Prabowo Ariotedjo.

Arie mengaku kini proyek smelter grade alumina refinery masih sejalan dengan rencana produksi awal SGAR pada 2022 mendatang.

Nantinya konstruksi proyek SGAR tahap pertama ini bakal memiliki kapasitas produksi sebanyak 1 juta ton per tahun serta dibangun di atas lahan seluas 288 hektare.

Guna membangun tahap pertama proyek tersebut, ia memaparkan pihaknya membutuhkan dana sebesar US$ 850 juta. Selanjutnya, total kapasitas produksi pabrik itu sebesar 2 juta ton alumina per tahun.

Selain itu, saat ini ANTM juga menargetkan bisa mengoperasikan Pabrik Feronikel Halmahera Timur pada tahun ini. Asal tahu saja, smelter ini memiliki kapasitas sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel. Dalam berita Kontan sebelumnya menyebutkan nilai investasi pabrik tersebut mencapai Rp 3,5 triliun.

ANTM juga memiliki proyek pembangunan smelter nikel yang berlokasi di Papua Barat, mereka mengharapkan dapat memulai proyek itu pada tahun 2020.

Pada tahun ini Antam menyiapkan belanja modal sebesar Rp 3,3 triliun. Hingga triwulan pertama tahun 2019, realisasi belanja modal mereka mencapai Rp377,66 miliar yang digunakan untuk mendukung investasi pengembangan pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur serta investasi rutin di unit-unit operasi perusahaan.

Sumber Kontam, edit koranbumn

 

 

Check Also

PP Presisi Perkirakan Hanya Bisa Belanjakan Modal Sebesar 70 Persen dari yang Dianggarkan

PT PP Presisi Tbk. konservatif dalam menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure. Dari dana yang disiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *