Home / Berita / ANTAM Tengah Pacu Pengembangan Dua Smelter, di Halmahera Timur dan Kalimantan Barat

ANTAM Tengah Pacu Pengembangan Dua Smelter, di Halmahera Timur dan Kalimantan Barat

PT Aneka Tambang Tbk. tengah memacu pengembangan dua proyek smelter perseroan yang salah satunya ditargetkan memasuki fase commissioning pada semester II/2019.

Sekretaris Perusahaan Aneka Tambang Kunto Hendrapawoko menjelaskan bahwa terdapat dua proyek smelter yang tengah digarap oleh perseroan. Pertama, proyek pembangunan pabrik feronikel Halmahera Timur (P3FH).’

P3FH memiliki kapasitas produksi 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi). Sampai dengan Maret 2019, realisasi konstruksi telah mencapai 95%.

“Ditargetkan konstruksi P3FH akan memasuki fase commissioning pada semester II/2019,” ujarnya

Proyek smelter kedua yang tengah digarap perseroan yakni smelter grade alumina refinery (SGAR) di Kalimantan Barat. Fasilitas itu digarap bersama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Dia menuturkan konstruksi proyek SGAR tahap 1 memiliki kapasitas produksi 1 juta ton SGA dengan nilai proyek US$850 juta. Proses groundbreaking ditargetkan emiten berkode saham ANTM itu dilakukan pada semester II/2019 dan initial production SGAR direncanakan pada 2022.

Kunto meyakini pengembangan proyek penghiliran sejalan dengan rencana pemerintah. Dengan demikian, langkah yang ditempuh akan memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan dan pemegang saham.

“Nilai tambah ini tidak hanya sekedar manfaat ekonomi langsung tetapi juga manfaat ekonomi tidak langsung melalui multiplier effect yang diciptakan di sekitar daerah operasional,” tuturnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Proses Bisnis Jasa Raharja Andalkan Transformasi Manajemen Risiko & Teknologi Informasi

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara Jasa Raharja menyatakan bahwa selama ini mereka mengandalkan manajemen risiko …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *