Home / Berita / AP II Sangat Siap Akuisisi 25 Persen Saham BIJB Milik Pemprov Jabar

AP II Sangat Siap Akuisisi 25 Persen Saham BIJB Milik Pemprov Jabar

PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) sudah mengungkapkan kesiapannya untuk mengakuisisi 25 persen saham Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Terkait kesiapan tersebut, saat ini proses masih melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk meninjau kesepakatannya.

“Sebanyak 25 persen ini milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar),” kata Direktur Utama AP II, Awaluddin.

Awaluddin menjelaskan akuisisi terhadap saham BIJB tersebut merupakan tahap awal yang nilainya 25 persen kepemilikan. Jadi, lanjut dia, apabila transaction closesudah dilakukan maka AP II akan menjadi shareholders di BIJB dengan kepemilikan 25 persen.

Meskipun begitu, Awaluddin belum mau membocorkan lebih awal modal investasi yang sudah disiapkan untuk mendapatkan 25 persen kepemilikan BIJB tersebut. “Nilai rupiah untuk transaksi yang 25 persen nanti menyusul disampaikan karena saat ini sedang berproses,” ujar Awaluddin.

Hanya saja, meski saat ini BIJB masih dinilai sepi dari pergerakan penumpang namun Awaluddin menilai bandara tersebut sangat prospektif. Dia menjelaskan bandara tersebut bisa diintegrasikan untuk dukungan logistik di area Pelabuhan Patimban, Jawa Barat.

“Terlebih ini bisa dikembangkan dalam satu kawasan ekonomi khusus segmen industri dan manufaktur,” tutur Awaluddin.

Saat ini AP II masih menunggu BPKP dalam sepekan ke depan untuk menentukan langkah lanjut dalam proses akuisisi. Nilai saham juga akan sekaligus disepakati antara AP II dan pihak pengelola BIJB.

Sementara ini, Awaluddin mengatakan AP II akan meminta persetujuan terlebih dahulu kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Setelah peninjauan BPKP selesai kita akan sepakati nilai sahamnya,” jelas Awaluddin di Gedung Kemenko Maritim, Senin (22/3).

Sumber Republika, edit koranbumn

Check Also

Waskita Beton Precast Targetkan Raih Kontrak Baru Senilai Rp11,9 Triliun pada Tahun 2020

PT Waskita Beton Precast Tbk. menargetkan raihan nilai kontrak baru senilai Rp11,9 triliun pada tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *