Home / Berita / Aplikasi MBLD, Upaya Tingkatkan Efisiensi di Gudang Pengolah

Aplikasi MBLD, Upaya Tingkatkan Efisiensi di Gudang Pengolah

Tak bisa dipungkiri, roda modernisasi berputar semakin kencang. Tanpa mengakrabi inovasi, kita akan terlindas dan tergilas oleh pesaing. Hal inilah yang mendasari pelaku usaha tembakau PTPN X berupaya meningkatkan efisiensi melalui penerapan mekanisasi. Selama ini proses produksi di gudang pengolah tembakau mayoritas masih dilakukan secara manual sehingga perlu pembaharuan atau warna baru untuk mendongkrak efisiensi.

Penelitian Tembakau Jember sebagai support system kebun tembakau bekerja sama dengan akademisi dari Universitas Gajah Mada menggagas rancangan purwarupa Mesin Buka Lembar Daun (MBLD). Menurut Okta Prima Indahsari dari Penelitian Tembakau Jember, penggunaan mekanisasi adalah keniscayaan, mengingat kegiatan bisnis tembakau masih bersifat padat karya.

“Dengan aplikasi MBLD di gudang pengolah, Penelitian Tembakau Jember terus berupaya mendukung kegiatan di kebun tembakau, baik dari sisi efektivitas maupun efisiensi,” tambah Okta.

Manajer Pengolahan Kebun Ajong Gayasan Syaifuddin Zuhri menyambut baik upaya yang dilakukan oleh tim dari Penelitian Tembakau Jember. Pasca kegiatan uji coba tahap awal di Gudang Pengolah Ajong Gayasan, 6 Februari lalu. Ia berharap aplikasi MBLD dapat berkontribusi nyata dalam menekan biaya produksi.

“Tentunya perlu ada data empiris terlebih dahulu untuk mengomparasikan produktivitas MBLD dengan produktivitas kegiatan bir-biran (membentangkan daun) secara manual,” pungkas Zuhri. (Angga Suprayogi_Penelitian Tembakau Jember, CIN_Sekper)

Check Also

Holding Pelindo Jadi Solusi Tingkatkan Standarisasi Pelabuhan RI

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Elvyn G Masassya menyebutkan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *