Home / Berita / Artificial Intelligence Ancam Kinerja Profesi Public Relations

Artificial Intelligence Ancam Kinerja Profesi Public Relations

Profesi Public Relations (PR) akan tergerus artificial intelligence (kecerdasan buatan). Ada 100 sistem dan perangkat Public Relations yang menjadi bentuk dari kecerdasan buatan tersebut yang sudah banyak digunakan di negara-negara maju dan tidak menutup kemungkinan akan digunakan pula oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Fakta ini yang di sampaikan N. Nurlaela Arief,Head of Corporate Communications Dept Bio Farma biasaakrab dipanggil Lala Larief, saat memberikan workshop Penataan Kehumasan dan Media Relations yang diselenggarakan Pikiran Rakyat Institute (PR Institute), di Ruang Pertemuan Lt 2 PR, Jln. Asia Afrika Bandung, Minggu 17 Februari 2019.

Kecerdasan Buatan ini menggunakan algoritma untuk belajar dari data, dan menggunakan apa yang telah dipelajarinya untuk membuat keputusan seperti yang dilakukan oleh Manusia.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan ini, perusahaan-perusahaan bukan hanya akan meninggalkan pola-pola kerja PR lama yang masih bersifat manual tetapi juga menggunakan perangkat kecerdasan buatan tersebut sebagai alat yang dapat mengukur kinerja PR.

Seperti yg dijelaskan, dari sekitar 100 perangkat itu, beberapa sudah Lala Arief  coba gunakan.  Contohnya aplikasi untuk men-simplikasi tugas PR, otomatisasi tugas dan untuk fungsi social listening, media monitoring &Media Relations yang dilaksanakan PR.

Salah satunya, perangkat u mengukur “impact”, “tone”, “influencers” dll yang di dalamnya menunjukkan bahwa berita-berita dalam bentuk press release maupun berita kegiatan yang diselenggarakan sebuah perusahaan dan sudah dimuat oleh media menjadi terukur dan menjadi data bagi perusahaan.

“Dengan menggunakan tools ini, perusahaan dapat mengukur berita itu dam mendapatkan banyak informasi penting, yang bermanfaat untuk saat ini dan kedepan. yang semuanya mempunyai nilai masing-masing sehingga perusahaan dapat memprediksi jika terjadi krisis komunikasi” tobe continued.. Terima kasih Pikiran Rakyat, workshop Penataan Kehumasan dan Media Relations diselenggarakan PR Institute dan diikuti oleh beberapa perwakilan Humas (PR) perusahaan swasta dan pemerintahan.

Sumber InLala Arief, edit koranbumn

Check Also

Mulai 19 November 2019, Tiket KA Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah merilis jadwal pembelian tiket KA jarak jauh reguler dan KA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *