Home / Berita / BBM Satu Harga Sudah Berjalan di Kepulauan Aru

BBM Satu Harga Sudah Berjalan di Kepulauan Aru

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII kembali menjalankan program BBM Satu Harga di Kepulauan Aru dengan meresmikan SPBU Kompak 86.976.09 yang berlokasi di Desa Kolamar Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, pada Selasa (26/3/2019).

Peresmian dilakukan oleh Kepala Balitbang Kementrian ESDM Dadan Kusdiana, Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Christy Barends, Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga, Sales Executive Retail Wilayah Ambon MOR VIII Pertamina Galih Pradipto, Kapolres Kabupaten Kepulauan Aru AKBP Adolof Bormasa, serta Danlanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII Brasto Galih Nugroho menyampaikan bahwa peresmian BBM Satu Harga di Aru Utara merupakan bagian dari komitmen Pertamina untuk menyediakan energi yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Titik BBM 1 Harga Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Aru ini melakukan uji operasi sejak 29 September 2018, dan merupakan 1 dari 5 titik yang beroperasi di wilayah Maluku pada tahun 2017 dan 2018. Tahun ini, kami akan meresmikan tiga titik baru di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya (2 titik) dan Seram Bagian Timur (1 titik),” ujar Brasto.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengungkapkan Program BBM Satu Harga ini merupakan perwujudan Pancasila sila kelima melalui energi berkeadilan.

Sementara itu Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga menyampaikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan program BBM Satu Harga tersebut. “Program ini sangat penting karena saat ini masyarakat dapat menikmati harga BBM yang sama dengan harga di Jakarta ataupun Ambon yang tentunya akan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kepulauan Aru,” tambah Johan.

SPBU Kompak 86.976.09 Desa Kolamar, Aru Utara memiliki kapasitas Premium 15 KL (1 tangki), Solar berkapasitas total 11 KL (2 tangki) serta drum besi 50 buah (kapasitas 200 liter/drum). Titik supply berasal dari TBBM Dobo yang berjarak 78 km yang diangkut menggunakan kapal. Sebelum adanya titik BBM Satu Harga ini, masyarakat memperoleh BBM untuk transportasi dan kebutuhan nelayan dari lembaga penyalur terdekat yakni SPBUN 88.976.01 sejauh ± 80 km sehingga membuat harga Premium menjadi Rp 10.000/ liter dan Solar Rp10.000 – 15.000/liter di wilayah ini.

SPBU Kompak ini mencakup 13 Desa di 3 Kecamatan di Wilayah Kepulauan Aru Utara dengan jumlah 1400 KK. Alat penyaluran menggunakan canting manual ke jerigen berkapasitas 60 liter untuk mesin motor pada nelayan. Dengan adanya SPBU ini, masyarakat Kecamatan Aru Utara kini bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya yakni Premium Rp 6.450/ liter dan Solar 5.150/Liter.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *