Home / Berita / BNI Ajukan Pinjaman Bilateral Senilai US$ 750 juta kepada Lima Bank Asing

BNI Ajukan Pinjaman Bilateral Senilai US$ 750 juta kepada Lima Bank Asing

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan pengajuan pinjaman bilateral atau bilateral loan senilai US$ 750 juta kepada lima bank asing.

Direktur Tresuri dan Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo mengatakan hal tersebut masih dalam rencana dan masih menunggu perizinan dari Bank Indonesia (BI).

“Itu untuk menggantikan yang jatuh tempo saja dan kebetulan lebih murah. Masih belum kan menunggu izin BI dulu,” terangnya

BNI  jika berhasil mendapatkan yield lebih murah maka ada kemungkinan pihaknya akan menunda rencana penerbitan obligasi global (global bond) tahun ini.

Tahun ini BNI memang memiliki rencana untuk menerbitkan global bond senilai US$ 500 juta. Penerbitan tersebut antara lain untuk memenuhi kebutuhan sumber pendanaan non konvensional BNI termasuk dalam mata uang asing (valuta asing/valas).

“Ada di rencana US$ 500 juta (global bond), tapi kalau bilateral loan dapat US$ 750 juta. Kemungkinan baru tahun depan,” terangnya.

Rico memandang pihaknya lebih percaya diri bilateral loan akan lebih murah ketimbang penerbitan obligasi, sebab ke depan ada ekspektasi penurunan bunga The Fed sekaligus proyeksi mata uang dolar Amerika Serikat (USD) yang lebih membaik.

Sumber kontan, edit koranbumn

Check Also

Proyek NINDYA, Pembangunan Airport Learning Center Diresmikan

Gedung Airport Learning Center Angkasa Pura II yang di bangun NINDYA telah diresmikan ditandai dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *