Home / Berita / Bukit Asam Kembangkan Fasilitas Infrastruktur di Dermaga Kertapati, Kota Palembang

Bukit Asam Kembangkan Fasilitas Infrastruktur di Dermaga Kertapati, Kota Palembang

PT Bukit Asam (Persero) Tbk berencana mengembangkan fasilitas infrastruktur di Dermaga Kertapati, Kota Palembang, mulai tahun 2020.

Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Suherman, mengatakan pengembangan tersebut untuk mendukung kemampuan angkut batubara sebanyak 5 juta ton dari dermaga tersebut.

“Hal ini sesuai dengan kontrak angkutan batubara antara PT Bukit Asam Tbk dengan PT KAI melalui pengembangan infrastruktur CHF Tanjung Enim,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (9/7/2019).

Suherman menjelaskan dalam pengembangan itu diperlukan penggeseran dan penambahan rail track eksisting di Emplasemen Bukit Asam Kertapati, yang semula 3 jalur menjadi 4 jalur.

“Ini bertujuan untuk memperluas kapasitas stockpile di Dermaga Kertapati dan mempercepat pembongkaran batubara yang diangkut kereta api,” katanya.

Diketahui, Dermaga Kertapati berada di lahan seluas 10,2 hektare yang terletak di tepian Sungai Musi , Kota Palembang.

Dermaga tersebut dimiliki dan dikelola langsung oleh PTBA dan mengendalikan batu bara baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, perseroan memiliki sejumlah rencana pengembangan untuk mendukung pencapaian target produksi maupun penjualan batu bara.

Selain, proyek angkutan batubara jalur Tanjung Enim – Kertapati beserta fasilitas di Dermaga Kertapati, perseroan juga menggarap proyek angkutan jalur Tanjung Enim—Tarahan.

Perusahaan menargetkan proyek tersebut selesai tahun ini dengan kapasitas 20,3 juta ton per tahun yang akan ditingkatkan menjadi 25 juta ton per tahun pada 2020.

Adapun hingga 2023, proyek pengembangan angkutan bersama KAI ditargetkan mencapai 60 juta ton per tahun.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Holding Pelindo Jadi Solusi Tingkatkan Standarisasi Pelabuhan RI

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Elvyn G Masassya menyebutkan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *