Home / Berita / BUMN Diusulkan Jadi Pengelola Terminal Bus Tipe A

BUMN Diusulkan Jadi Pengelola Terminal Bus Tipe A

Entitas BUMN baru pengelola terminal bus tipe A disarankan bagian dari holding BUMN Perumahan dan Pengembangan Kawasan atau holdingInfrastruktur.

Pemerhati transportasi Universitas Indonesia (UI) Mohammed Ali Berawi menuturkan jika memang ingin dikelola oleh BUMN, lebih baik melibatkan BUMN Perumahan dan Pengembangan Kawasan atau BUMN Infrastruktur, karena cakupannya termasuk kedua jenis holding BUMN tersebut.

“Cakupannya pembangunan dan pengelolaan terminal bagusnya masuk ke holdingpengembangan kawasan agar bisa optimum perencanaan dan desainnya,” katanya.

Dia menegaskan jika inti bisnisnya hanya terminal kendaraan usahanya akan sangat terbatas, sementara kalau cakupannya ditingkatkan dengan terminal antar moda dengan kereta api, logistik, pengembangan kawasan menjadi lebih luas.

Alasannya, terminal yang potensial untuk menghasilkan pemasukan dan diintegrasikan dengan lini bisnis lain seperti properti tidak begitu banyak. Alasannya, karena membutuhkan lahan yang besar di tengah kota.

Di sisi lain, mempertimbangkan skala bisnisnya, Ali menyarakankan baiknya terminal tipe A dikelola pihak swasta.

Sementara itu, dia menilai kerja sama antara pemerintah dan swasta sangat bergantung terhadap nilai kelayakan proyek. “Pada saat perhitungan kelayakan (IRR) tidak terpenuhi maka pihak swasta tidak akan ikut dalam skema kerjasama tersebut. Oleh karenanya, pekerjaan rumah dalam kerjasama adalah peningkatan kelayakan,” jelasnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Sinopsis Buku Berjudul Djedjak Langkah

Sinopsis Djedjak Langkah karya Bakri Siregar Mawar tak ada di rumah, sejak makan malam tadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *