Home / Berita / Citilink dan Lion Air Sediakan 11.626 Kursi Diskon Tarif Saat Tertentu

Citilink dan Lion Air Sediakan 11.626 Kursi Diskon Tarif Saat Tertentu

Citilink Indonesia dan Lion Air Group akan menyediakan sekitar 11.626 kursi yang bisa mendapatkan diskon tarif pada saat tertentu.

Dari jumlah tersebut, Citilink Indonesia menyiapkan 3.348 kursi dari 62 penerbangan dan Lion Air Group menyiapkan 8.278 kursi dari 146 penerbangan per hari yang ditentukan.

Jumlah tersebut ditetapkan sesuai dengan keputusan dalam rapat koordinasi lanjutan terkait penurunan tarif tiket angkutan udara. Di mana, maskapai penerbangan mengalokasikan 30% kursi dari total kapasitas pesawat untuk mendapatkan diskon di hari tertentu.

Sebelumnya, semua pihak telah sepakat untuk memberikan diskon sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA) untuk penerbangan penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik tipe pesawat jet.

Diskon tarif tersebut bisa didapatkan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk penerbangan pukul 10.00 – 14.00 waktu lokal masing-masing bandara.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, semua pihak pun sudah menyiapkan perangkat yang dibutuhkan baik dari sisi regulasi dan sistemnya. Dia menyebut kebijakan ini akan berlaku mulai Kamis 11 Juli 2019.

“Penyesuaian sistem memerlukan waktu kurang lebih 2 – 3 hari. Karena besok sudah Selasa, pemberlakuannya Selasa, Kamis dan Sabtu, maka efektif berlaku mulai Kamis 11 Juli 2019,” tutur Susiwijono, Senin (8/7).

Meski alokasi kursi yang mendapatkan diskon sudah ditetapkan , tetapi Susiwijono mengatakan rute-rute tujuan yang bisa mendapatkan potongan harga ini masih harus dibahas lebih lanjut. “Rutenya kemana saja, nanti akan dipublish sebelum Kamis,” tambah Susiwjijono

Sementara itu, pengawasan pelaksanaan kebijakan ini akan dilakukan oleh semua pihak mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Baik perwakilan dari Citilink Indonesia dan Lion Air pun mengaku akan mendukung keputusan yang ditetapkan ini. “Saat ini tim kami sudah mulai¬† menyesuaikan dalam sistem,” tutur Direktur Keuangan Citilink Indonesia Esther Siahaan.

Sayangnya, Susiwijono tak membeberkan komponen apa saja yang akan diturunkan sehingga diskon ini dapat diberi. Tetapi dia memastikan semua pihak saling berbagi beban berdasarkan struktur biaya yang sebenarnya.

Susiwijono pun mengatakan semua pihak sudah diundang dalam membuat kebijakan ini, termasuk AirAsia.

“AirAsia sudah kami undang dalam rapat teknis, tetapi kebijakan ini menurunkan tarif penerbangan tertentu sampai 50%, itu yang terkena adalah Citilink dan Lion Air,” tambahnya.

Lebih lanjut Suswijono mengatakan kebijakan penurunan tarif angkutan udara ini akan dievaluasi secara berkala.

Sumber kontan, edit koranbumn

Check Also

Menteri Erick Thohir Belum Bersedia Ungkap Nama Calon Dirut BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah menyerahkan nama-nama calon direksi untuk tiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *