Home / Berita / Creative Dialogue di Bazaar Mandalika

Creative Dialogue di Bazaar Mandalika

Masih dalam rangkaian acara Festival Bau Nyale 2019, Kamis, 21 Februari 2019 kemarin diadakan Creative Dialogue yang bertempat di Bazaar Mandalika.

Acara diawali dengan sambutan dari Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer yang menyampaikan bagaimana pembangunan Bazaar Mandalika merupakan salah satu usaha ITDC dalam menciptakan platform pengembangan UMKM dan pembangunan ekonomi kreatif di kawasan the Mandalika. Paparan beliau dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dekranasda NTB Niken Saptarini Widyawati, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan terakhir adalah dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menyambung paparan terkait Bazaar Mandalika, Menpar menjelaskan keputusan membangun sentra UKM di the Mandalika merupakan perintah langsung Presiden. Hal ini berhubungan dengan 3 proses dalam ekonomi kreatif kreasi, inkubasi, dan komersialisasi.

Kreasi adalah ekonomi berbasis budaya. Untuk kreasi, kita perlu kurator level internasional. Inkubasi adalah kreasi yg memiliki nilai ekonomi. Sementara, komersialiasi adalah pemasarannya. Bazaar Mandalika di the Mandalika merupakan perwujudan dari komersialisasi. Pada kesempatan ini juga Menpar mengapresiasi NTB yang menjadi provinsi pertama yang me-launching event pariwisata pada tahun 2019.

Selain para tokoh di atas, acara Creative Dialogue juga diisi oleh penyanyi dan koreografer Denny Malik, perancang busana Samuel Wattimena dan Direktur Akses Perbankan BEKRAF Restog Krisna Kusuma yang diakhiri dengan fashion show.

Diskusi yang seru dan interaktif ini, secara garis besar mengamini bahwa pariwisata dan industri kreatif menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia. Bila didukung teknologi digital yang mumpuni, kedua sektor tersebut diramalkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui kuliner, fashion, fotografi, hingga desain produk.

Sumber ITDC, edit koranbumn

Check Also

Tahun Depan, BRI Syariah Targetkan Penyaluran KUR Sebesari Rp 3 Triliun

BRI Syariah menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) syariah pada tahun 2020 mencapai Rp 3 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *